Eka Kuncoro: BEAUTIESQUAD 101 - SPECIAL EPISODE

Thursday, November 23, 2017

BEAUTIESQUAD 101 - SPECIAL EPISODE

Assalamualaikum πŸ™πŸ™πŸ™
Hello temans. Gimana kabar? Tambah sakses kan.
Nah sesuai judul, kali ini aku gak bahas masalah makeup atau review produk. Tapi bahas tentang salah satu komunitas yang aku ikutin dan yang sedang berulang tahun di bulan November ini. Yaitu BEAUTIESQUAD. Yes, tahun ini adalah tahun dimana komunitas ini merayakan acara Beautiesquad First Anniversary
Selamat ulangtahun Beautiesquad, semoga semakin sukses dan berjaya. Tambah bermanfaat dan tambah banyak yang sayang. 
Buat yang belum tau atau belum gabung, Beautiesquad adalah suatu komunitas atau wadah dimana para beauty blogger berkumpul. Mulai dari blogger pemula sampai yang udah expert, dan dari Sabang sampai Merauke. Ini beneran dari segala penjuru Indonesia lho, ada yang dari Malang, Surabaya, Bali, Batam, Medan, Ponorogo (aku gengs, aku 😎), Jakarta, Bandung, Palembang dan segala wilayah Indonesia, keren kan. 
Nah disini aku mau jelasin kembali cerita dari Beautiesquad dari awal mula terbentuk, kepengurusan sampai sekarang kaya gimana. Info yang akan aku sampein ke kalian ini adalah informasi yang aku dapet dari acara Ngopi Cantik Beautiesquad yang diadakan beberapa hari yang lalu dengan tema Beautiesquad 101. Jadi semua tentang Beautiesquad akan dibahas disini. Apa aja sih yang dibahas? 
Banyak gaes. Mari kita mulai buka satu persatu.
1. Sejarah
Jadi awal mula Beautiesquad terbentuk adalah dari group chat 3 foundernya, yaitu Virly (main founder), Nisa dan Liana,  yang ingin membuat komunitas group beauty blogger. Awalnya dinamakan Beauties, tapi akhirnya diganti dengan Beautiesquad
Pada awal terbentuk, Beautiesquad masih menerima semua permintaan join dalam group nya. Tapi seiiring berjalannya waktu dan visi misi, akhirnya dibuatlah keputusan bahwa Beautiesquad menerima hanya mereka yang punya blog
Maka dari itu jangan langsung ngambek ya tsay kalo ada diantara kalian yang susah masuk ke fanspagenya Beautiesquad, karena harus punya blog. Kalo belum punya, segera bikin yaa. Nanti nyesel kalo gak bisa masuk Beautiesquad. Beneran. 
Lalu kapan secara resminya Beautiesquad didirikan? 
Yaitu tanggal 23 November 2016. Kenapa?  Karena ditanggal tersebut merupakan hari dimana Beautiesquad dan para member membuat kolaborasi makeup pertama kali dengan tema Smoky Eyes. Seperti yang kalian tahu (kalo ngikutin blog dan instagramku), tiap bulannya aku juga ngikutin collab mereka lhooo. 
2. Visi dan Misi Beautiesquad 
°° Visi :
  • 1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
  • 2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer
°° Misi :
  • 1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
  • 2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
  • 3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
  • 4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).
Kalo kita telisik dan selidik (cem kpk aja).  Visi dan misi Beautiesquad ini baliknya ya ke kita juga lho temans. Coba deh baca satu persatu. Akhirnya, semua visi dan misi Beautiesquad itu larinya ya ke membernya lagi. Agar para member Beautiesquad bisa lebih termediasi dalam berkarya lewat makeup dan menulis. 
Oke setelah ini, lanjuuut ke siapa aja sih yang ada di balik kesuksesan Beautiesquad dari nol sampe berjaya cem sekarang. 
3. Beautiesquad Officer 
Nih, aku kasih list siapa aja sih yang menjalankan Beautiesquad dari awal sampe sekarang ini
  • Founder : Virly KAAnnisa Pertiwi dan Liana Eka.  Tugas mereka adalah memantau officer dan decision maker agar sejalan dengan visi misi Beautiesquad. Kalo kalian pengen tau orangnya yang mana, langsung kepoin aja instagramnya Beautiesquad dan cari nama-namanya. 
  • Chief Officer : Vina EskaCongrats Vinaa. By the way, ini adalah tugas baru Vina yang sebelumnya jadi Supervisor Public RelationsCongrats lagiii Vina. Jadi tugas Vina sekarang adalah melaksanakan visi misi dan keputusan yang dibuat oleh founder serta memantau kinerja dari officer
  • Community Relations: Nah, jadi Supervisor Public Relations sekarang dijabat oleh Lia Melqha sebagai SupervisorFuji Astyani sebagai sekretaris dan SEO analysis. Sedangkan officer yang ada didalamnya adalah Liana EkaAriani Rosidi dan Rahma Brilianita. Tugas mereka adalah untuk penghubung antara Beautiesquad - Brand - MemberCommunity Relations juga yang melakukan program bulanan Beautiesquad seperti collab, ngopi cantik dan segala macemnya. 
  • Social Media Squad : Rani Lukman sebagai supervisorOfficer nya ada Devi PurwatiKhairunnisa dan Savitri Hutapea. Tugas mereka adalah memberikan informasi kepada member Beautiesquad melalui sosial media dan menjaga image Beautiesquad di dunia maya. Mereka harus memikirkan bagaimana sebuah informasi itu disajikan dengan profesional dan menarik. 
  • Photo Editor Squad : Raydita sebagai supervisor. Officernya adalah Annisa Pertiwi dan Laudita Cahyanti. Tugas mereka gak kalah berat dari yang lain. Photo editor squad harus menjadikan semua foto harus cantik. Dari design dan feed yang akan disajikan. Apalagi kalau saat collab, mereka lah yang harus memastikan foto yang akan ditampilkan harus sesuai dengam feed dan tema collab saat itu. 
4. Program-program Beautiesquad 
Kalian udah pernah ikut makeup collab bareng Beautiesquad???  Nah itu adalah salah satu program yang secara kontinyu dilakukan. Ada beberapa program lagi seperti ngopi cantik dan sponsored review. Program tersebut biasanya terselenggara tiap bulannya. Lalu, dengan refreshmentBeautiesquad ke depannya akan mulai membantu para member untuk memaksimalkan kemampuan mereka dalam dunia beauty blogger
Kalau kalian ngikutin instagramnya Beautiesquad, pasti tau sama program takeovernya kan ya. Tiap minggunya Beautiesquad ada takeover di stories instagram. Yang udah aku lihat adalah cara pakai eyeshadow oleh Ariani Rosidi dan cara mengalis dan pasang bulu mata palsu oleh Lia Melqha. Kedepannya Beautiesquad akan mengadakan ngopi cantik mini tentang beauty dan blog agar stories di instagram bisa lebih kece.
Juga yang gak kalah penting, Beautiesquad akan memiliki SEO Analysis yang memudahkan officers mengetahui apakah blog dari member sesuai dengan kriteria SEOSEO ini amat sangat penting buat blogger ya, apalagi yang punya tujuan agar blognya selalu di page pertama google, tentunya wajib paham masalah SEO
Untuk SEOmember Beautiesquad sudah pernah dibantu dalam acara Ngopi Cantik 2 yang temanya tentang SEO. Kalo kalian penasaran, cek di list blogpostku ya πŸ˜‰. Kalo gak salah 2 bulan yang lalu diadakannya. Ilmunya buanyak. Beberapa udah aku terapkan yang akhirya aku punya blog yang TLD πŸ˜†.
5. Join Member Beautiesquad 
Ini nih yang ditunggu. Gimana sih caranya biar bisa jadi member Beautiesquad? Kok aku belom bisa masuk group fb?  Kok aku cuma masuk group ini, gak bisa ke group itu? 
Jadi gini, di Beautiesquad itu ada 2 group member yaitu group member facebook dan group inti whatsapp. Bedanya adalah, ditanggung jawab 😁😁. 
  • Group Member Facebook. Kalau kalian pengen join jadi membernya Beautiesquad, syaratnya adalah punya blogWajib. Karena ini adalah komunitas beauty blogger, jadi usahakan blog kalian juga bertemakan beauty and health ya. Syarat kedua adalah blog berusia minimal 6 bulan dan pada tiap bulannya ada postingan beauty minimal 2 post
  • Group Inti WhatsappGroup ini udah terbentuk sejak awal Beautiesquad berdiri ya, dan gak mudah masuk ke group ini karena tanggungjawab nya lebiiiih gede dari group fb. Tapi kalo kalian penasaran pengen tau apa aja syaratnya biar bisa masuk kesana, aku infokan. Pertama, punya blog yang SEO friendlyKeduablog harus Top Level Domain, atau blog yang belakangnya langsung - .com bukan wordpress.com atau blogspot.com ya. Ketiga, aktif menulis di blog minimal 2 post dalam sebulan. Keempat, disiplin dan berattitude baik. Kelima, aktif berkontribusi untuk BeautiesquadKeenam, memiliki fanpagetwitter dengan minimal 100 follower dan instagram minimal 500 followerKetujuh, aktif mengikuti collab, ngopi cantik dan program kerja Beautiesquad lainnya. Kedelapan, lolos dari kriteria Community RelationsChief Officer dan tentunya Founder
    Apa kalian udah masuk di salah satunya atau keduanya?  Atau malah belum masuk? Ribet?  Memang, karena Beautiesquad itu bukan komunitas yang main-main lho πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰. Jadi pastiin kalau kalian mau masuk Beautiesquad, harus punya blog ya. Jangan lupa aktif dan berperilaku baik. 
    Kalau aku masuk group yang mana? Pastinya masih group facebook πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Blog ku sendiri masih setahun aktif dalam niche beauty. Aku juga belum maksimal dalam SEO. Maka dari itu, di Beautiesquad ini ajang aku mencari ilmu agar caraku nulis dan menyajikan informasi tentunya bisa tambah lebih baik.
    Tapi jangan sedih seus. Asal kalian aktif seperti apa yang disyaratkan oleh Beautiesquad, kalian juga bakalan bisa dapet kesempatan project bareng mereka seperti free beauty box atau sponsored review. Contohnya aku, aku memang bukan group inti whatsapp. Tapi karena aku berusaha aktif nulis dan berkontribusi buat Beautiesquad, aku pernah diajak review bareng dan bersponsor tentunya. Itu suatu kebanggaan lhooo 😎😎. Maka dari itu, kalian juga pasti dapet kesempatan itu asalkan selalu aktif.
    Okeeee, segitu dulu ceritaku tentang Beautiesquad 101 ini. Kalau cerita kalian gimana? Share juga ya. Karena Beautiesquad lagi ngadain Blog Competition yang bekerjasama antara Beautiesquad dengan Nihonmart, caranya gimana? 
    Langsung buka instagram nya Beautiesquad dan lihat persyaratan nya di sana. HADIAHNYA ISTIMEWA LHOOOOOOOO!!!!!!! 
    Oke, segitu dulu postinganku kali ini. Semoga bermanfaat buat kalian dan bisa memberi informasi pada temans yang masih belum tau atau penasaran dengan Beautiesquad. 
    Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komen di bawah, like dan follow juga yes (ngarep get).  Sampai jumpa di postingan ku berikutnya. 


    Wassalamualaikum πŸ™πŸ™πŸ™

    10 comments:

    1. Okesip akhirnya ada pencerahan apa itu beautiesquad. Mangats mbul❤

      ReplyDelete
    2. Wah seneng banget aku di mention! Hihihi semoga info ngopcannya bermanfaat yaaa Eka... seneng deh kamu rajin banget ikut collab! :3

      www.khhrnisa.com

      ReplyDelete
    3. Semoga beautiesquad semakin bermanfaat untuk para beauty influencer

      ReplyDelete
    4. Keren",n kreatif bgt yg bikin.. Lnjutkan

      ReplyDelete
    5. kerennn...good luck eka n beautiesquad

      ReplyDelete
    6. Makasi ucapannya, semoga dengan tugas baru aku dapet jodoh *eh

      www.vinasaysbeauty.com

      ReplyDelete

    [ REVIEW ] LANKA ARGAN OIL

    Assalamualaikum  πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ» Hari pertama puasa nih beauties . Gimana kabarnya? Masih tetep sehat dan semangat menjalani bulan ...