Eka Kuncoro: HAK ASASI BERMAKEUP X BEAUTIESQUAD

Saturday, December 9, 2017

HAK ASASI BERMAKEUP X BEAUTIESQUAD

Assalamualaikum πŸ™πŸ™πŸ™
Apa kabar beauties? Semoga selalu sehat dan bersemangat ya. Udah masuk bulan Desember, gak terasa akan terjadi pergantian tahun lagi. Gak kerasa kan ya udah 2018, perasaan baru kemarin lahir ke dunia πŸ˜‚.
Sekali lagi nih beauties, aku ikutan collab. Collab lagi? Yes! Tiap bulan aku ikut collab dengan suatu komunitas beauty blogger yang sedang hype, yaitu Beautiesquad. Ada sekitar 50 beauty blogger yang ikut meramaikan collab kali ini. Lalu collab kali ini menggunakan tema apa? 
Collab kali ini bertemakan dengan HAM atau Hak Asasi Manusia. Kenapa? Karena pada Bulan Desember bertepatan juga dengan peringatan hari Hak Asasi Manusia yang jatuh pada tanggal 10 Desember.  Makeup collaboration bulan Desember dengan Beautiesquad kali ini berjudul 
"MAKEUP ADALAH HAK KAMI"
By the way nih ya, pernah gak temen-temen sempet ngerasain terusik dengan beberapa pendapat tentang makeup yang kalian pake? Aku sering, banget πŸ˜‚. Dulu, awal-awal tau tentang kosmetik dan mulai rutin pakai, banyak temen dan keluarga yang berkomentar negatif dan positif. Banyakan negatif sih πŸ˜…. Padahal kosmetik yang aku pakai cuma sebatas bb cream, bedak, eyeliner dan lipgloss. 4 produk aja udah dibilang menor dan dandanan kaya mau ngludruk. Intinya dibilang makeup tebel dan menor.
Kalau jaman now, kita bisa lihat sendiri. Wanita memakai makeup tipis maupun tebal sudah biasa. Cuma belanja bulanan tapi pake bulu mata palsu dan lipstick bold juga udah lumrah. Anak sekolah pada pake blush on dan mascara juga udah banyak. Bedanya lumayan kentara dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Dulu banyakan dikomentari negatif, kalau sekarang sudah tidak terlalu banyak yang berkomentar negatif. Hampir tidak ada malah untuk beberapa orang. 
Yep!  Karena memang memakai makeup adalah hak kalian. Hak asasi kalian. Hak kalian jika ingin tampil cantik. Hak kalian juga memiliki kosmetik untuk memperindah tampilan wajah. Hak kalian juga untuk menutupi beberapa kekurangan di wajah ketika harus bertatap muka dengan orang yang penting dalam pekerjaan. Hak kalian juga menampilkan yang terbaik dari diri kalian. Gak mungkin juga kan meeting penting dengan pimpinan pekerjaan dengan wajah kucel,  kusem dan acakadul
Maka dari itu lhah, jika ada yang memberi komentar negatif yang hanya menjatuhkan, abaikan. Tangkap dan serap komentar yang bermanfaat dan kritik yang membangun. Jangan dipikir aku gak ada yang mengkritik pedes. Beberapa kali aku pernah dapet komentar yang gak seberapa enak. 
"Ka, alisnya ketebelan."
" Yan, blush on nya kebanyakan."
"Foundation mu keputihan, beda warna sama tangan."
"Kelopak matanya kebanyakan warna"
"Ke mini market aja pake mascara. "
"Lipstick mu lho, kaya abis makan orok. "
Itu hanya beberapa komentar yang aku ingat dari tahun 2009 sampe sekarang. Tahun 2009 itu aku baru tau eyeliner dan mascara.
Tapi bagusnya,sekarang adalah jaman dimana berkreasi dengan warna makeup sudah tidak ada batasan. Mulai dari seorang teman mengomentari alis, akhirnya aku mulai belajar menggambar alis selama bertahun-tahun dan masih belum bisa rapi. Sudah ada tren alis ombre, warna warni bahkan alis bentuk gelombang (gak bakal nyoba juga sih). 
Kemudian blush on yang aku selalu pakai banyak-banyak karena aku pikir dulu warnanya gak keluar, akhirnya sekarang ada tren blush on demam yang bisa aku jadiin alasan buat pake blush on banyak-banyak πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜….
Karena beberapa moment itulah aku jadi mulai belajar bagaimana cara memakai riasan wajah yang halus, merata dan seimbang. Karena aku bukan seorang yang berbakat dalam seni rupa, jadi aku belum paham tentang warna-warna. Jadinya warna apa aja yang bisa digabung dan enggak, aku kurang tahu. Aku sampai saat ini juga masih belajar cara memakai foundation, menggambar alis, pakai shading hidung, blending eyeshadow, memakai lipstick agar simetris, aplikasi bedak agar gak blentong-blentong dan sebagainya. 
Nah, dari pengalaman aku dapet beberapa komentar itulah akhirnya aku bikin look yang sebenernya aku masih takut bikinnya karena eksekusinya masih kasar, yaitu masalah di pencampuran warna eyeshadow


Fokus makeup ku kali ini adalah di eyeshadow nya. Aku udah sebutin ya tadi kalo aku sangat gak oke kalo urusan nyampur warna eyeshadow, karena blendinganku juga belum bisa halus. Tapi aku masih berani pake eyeshadow dengan warna yang gak natural sama sekali dan aku campur dengan warna yang sama terangnya. Hasilnya seperti yang bisa kalian lihat, sana sini masih berantakan. Eksekusi masih kasar apalagi perpaduan warnanya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. Blending nya juga masih belum rapi.
Tapi walaupun sampe sekarang aku belum bisa sempurna masalah blending warna eyeshadow, aku tetep nyoba lagi doong. Walaupun beberapa orang gak suka dengan makeup mata yang berlebihan, tapi aku tetep mau belajar. Bukan untuk menyenangkan orang, tapi untuk mengasah ketrampilan agar lebih canggih lagi. Kalo tangan kita udah canggih, aku yakin banyak yang senang dengan karya kita. 
Kemudian, penghujung riasannya adalah keseimbangan. Aku pernah dikomentari karena pakai eyeshadow warna warni dan gincunya gonjreng. Sebenernya waktu makeup itu, temanya adalah merak. Jadi aku pengennya ada warna merah, ijo, biru, kuning dan hitam disemua wajah. Cuma mereka kan gak mau tau dengan tema makeup yang dibikin. Maunya cuma bagus dilihat. Dan akhirnya aku belajar dari komentar itu. 
Initinya aku masih mempertahankan apa yang aku yakini, seperti pake eyeshadow gonjreng itu gapapa. Tapi aku juga membuka diri terhadap komentar dan kritik yang membangun. Akhirnya aku yang awalnya pengen gincuan warna pink yang terang, aku ubah jadi pakai lipstick warna nude yang hampir kaya warna kulit. Jadi agar terlihat lebih seimbang. 
Begitulah hasil akhirnya. Gak lupa aku tambahkan highlighter di hidung dan tulang pipi. Masalah highlighter ini juga kadang dikomentari beberapa orang terdekatku. mereka bilang memakai highlight itu terlalu berlebihan dan gak penting-penting banget. Tapi mereka pada pengen punya makeup yang finishnya glowing. "?????????" Tapi yasudahlah ya, ambil aja pelajaran biar aku bisa bikin highlightku ini lebih terlihat natural glowing dari dalam kulitku. 
Sekarang aku mau kasih jembrengan produk apa aja yang aku pake. Sebenernya merek produknya sama aja seperti collab beberapa bulan yang lalu, πŸ˜…πŸ˜…

  1.  QL Cosmetics - Eyebrow Cream. ini untuk alis ya, sesuai dengan namanya. Produk alis yang satu ini termasuk produk baru yang aku punya, dan jadi kesayangan. aku bisa belajar ngalis lebih nyaman dengan eyebrow cream ini.
  2. Inez Professional Eyeshadow Palette. Palet ini tiap hari aku pake latihan dan jadi satu-satunya palet eyeshadow gede yang aku punya. Karena aku pengen ngabisin ini dulu, jadinya ada alasan buat gak beli eyeshadow palette lagi (padahal sih gak ada duitnyaaa, curhat eim). Aku pakai warna biru, hijau lalu warna oranye. Pada inner corner mata aku kasih warna silver shimmery agar mataku lebih berdimensi dan terbuka. Bisa dilihat juga di foto yang aku agak setengah merem untuk detail blendingnya.
  3. Milani 2in1 Foundation+Concealer. Ini juga dempul kesukaan yang gak habis-habis. Hampir semua look yang aku bikin menggunakan foundation ini. Ini juga udah ada concealernya, jadi bissa menutup bekas jerawatku. Aku bukan penyuka concealer, soalnya suka bikin kerutan bawah mataku makin kelihatan.
  4. Viva Loose Powder. Aku memakai loose powder ini merata ke seluruh wajah, kecuali yang udah dirias eyeshadow ya. Tujuannya adalah untuk mengunci riasan dan agar terlihat lebih halus. 
  5. Fanbo Blush On. Untuk pemerah pipi, aku menggunakan blush on ini. Aku pakai seperti biasa, banyak! Tapi karena mungkin terkena cahaya ringlight yang terlalu terang, jadi blush on nya tidak terlalu jeder kelihatannya.
  6. Last but not Least, Lipstick. Aku menggunakan Face 2 Face Cosmetics Lipstick Matte yang berwarna coklat nude agar tampilan keseluruhan dari makeup ku terlihat seimbang. 

Done!!!!!

Itu tadi beberapa produk yang aku pakai untuk membuat look dengan tema HAM bersama Beautiesquad kali ini. Gimana menurut kalian? Oke gak? Cantik gak? hahahah, ngarep bangeeeeet dipuji.
Intinya gini ya beauties. Memakai makeup dengan alasan apapun, entah itu untuk bekerja, menyenangkan pasangan atau bahkan emang passion kamu di makeup, GAPAPAAAA. Itu hak kalian. Memakai riasan asalkan pakainya benar, tidak merusak tubuh kalian, memilih peralatan makeup yang aman dan tidak menyalahi aturan, gak masalah kalian pakai setiap hari. Emang ada pake makeup yang nyalahin aturan? Ada. Contohnya make makeup tapi dimukanya Presiden waktu pidato negara. (digeplaak).

Karena yang ikut collab bulan ini ada 50 beauty blogger, jadi bakalan banyak look yang bisa kalian lihat. Salah satunya dari Azzahra yang looknya juga kece banget. 
 

Aku juga bakalan kasih liat beberapa looknya dari collab kali ini di bawah sini ya. 

 
Okeeee, segitu dulu ceritaku tentang collab bersama BS kali ini. Semoga bisa menghibur kalian ya, dan bisa menyemangati serta meyakinkan kalian kalo bermakeup itu gak ada salahnya. Jangan percaya kalau ada yang bilang "kamu cantik apa adanya" tapi masih ngelirik cewe lain yang pake gincu sama mascara

Itu tadi ceritaku, kalau kalian gimana beauties? Apa juga punya cerita yang lebih menyeramkan atau menyenangkan? Share ya di komentar, gimana pendapat kalian tentang hak asasi bermakeup. Semoga postingan kali ini bisa lebih bermanfaat buat kalian, terimakasih udah mampir, sampai berjumpa di postingan curhatku selanjutnya.
Terimakasih.
Wassalamualaikum πŸ™πŸ™πŸ™

22 comments:

  1. Luv...luv...Eka 😍😍😍😍
    Kereeeennnn Eye Look nyah 😘😘

    ReplyDelete
  2. Eeeaaaaaa tulisan yg warnanya merah itu looooh , jleb banget :D btw eye looknya keren loh

    ReplyDelete
  3. full colour :)

    www.lucyanaliu.com

    ReplyDelete
  4. perpaduan warna Eye makeup nya bagusss banget

    ReplyDelete
  5. Astagaaaaa 4 produk yang menurutku itu cuma Base make up, udah dibilang menor πŸ˜‚πŸ˜‚ duh liat dari mana ituuuu

    ReplyDelete
  6. Rambut alisnya😍😍😍

    ReplyDelete
  7. Blending eyeshadownya cakep kok cyiiinn.. 😍😍

    ReplyDelete
  8. Looks yummy!
    Suka deh pilihan warna-waena buat eyeshadownya

    ReplyDelete
  9. Lipstick mu lho, kaya abis makan orok.. wkwkwk.. kreatif banget yg ngomenin. Cantik kok. suka sama eyeshadownya.

    ReplyDelete
  10. Alisnya ❤jd mau beli QL eyebrow cream

    ReplyDelete
  11. ahhh aku juga pengen banget bisa blending eyeshadow kek gini

    ranisandra.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. Aku pun masih banyak kekurangan. Tapi dari kekurangan itu aku banyak belajar. Kadang omongan orang itu memang harus dijadikan motivasi ya. Tapi kalo keterlaluan bikin keki juga ya.

    ReplyDelete
  13. Gemes ihh mekapnya. Gak usahlah dihirauin netijen. Kita gak mekapan dibilang sakit. Piye lah. :(


    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  14. Love eye makeup ka eka

    www.detiaputri.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Love eye makeup ka eka

    www.detiaputri.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Warna eyeshadow nya memikat hatiii πŸ’•

    etherealpotato.com

    ReplyDelete
  17. eyemakeup nyaaaaaaaa <3 seperti pelangi yang hadir setelh hujan *tsah

    ReplyDelete
  18. Cantikkk.. Wah saya juga suka pake erbrow creamnya QL, walaupun murah tapi hasilnya bagussssssss

    ReplyDelete
  19. Aku sering banget tuh dikomen temen "lipstickmu kayak abis makan orok" gara-gara aku suka lipstick yang bikin muka aku keliatan gothic gitu -_-


    tutuskirtjournal.com

    ReplyDelete

FIRST IMPRESSION WITH MOB COSMETICS

ASSALAMUALAIKUM BEAUTIES Apa kabar? Semoga tetep dan semakin berbahagia ya. Ok, aku mau share racun baru ku. Yaitu paket beauty yan...