Eka Kuncoro: BAGAIMANA CARA MENULIS BEAUTY ARTICLE?

Thursday, February 22, 2018

BAGAIMANA CARA MENULIS BEAUTY ARTICLE?

Assalamualaikum ðŸ™ðŸ™ðŸ™

Hellow beauties. Apa kabar? Udah lama gak bersua ya 😅😅😅. Udah kangen sama tulisanku ya kaaaaaan (minta digeplak).
Oke, postingan yang akan aku share dan kalian baca ini adalah hasil dari kegiatan rutin tiap bulan dengan teman-teman dari Beautiesquad, yaitu Ngopi Cantik 5. Kok udah 5? 
Yep! Ini adalah agenda ngopi cantik ke-5 yang sudah selesai diselenggarakan oleh Beautiesquad, dan tiap bulannya ada pembahasan dengan topik yang berbeda. Mulai dari gimana caranya bikin foto flatlay yang cantik dan enak dipandang, gimana caranya nulis blog yang SEO friendly dan yang aku ikutin kemarin itu punya tema " How To Write A Good Beauty Article".
Tema ngopi cantik kali ini seru dan penting banget buat aku ikutin. Apalagi, narasumber yang di undang adalah Grisselda, Lead Editor dari Beauty Journal. Udah gak asing dong ya sama Beauty Journal. Kalau masih belum tau apa itu Beauty Journal, kalian bisa klik disini
Langsung aja kali ya aku share hasil dari menimba ilmu baru waktu ngopi cantik batch 5 kemarin. Jadi, hal yang pertama kali dijelaskan oleh Griss adalah cara yang paling utama dalam membuat jurnal yang bagus tentang kecantikan, yaitu ide. 
1. Ide
Sebelum menulis suatu artikel pastinya butuh sebuah ide. Tanpa ide otomatis tulisan gak akan bisa lanjut. Ide bisa datang dari mana saja. Bisa dari internet, sosial media, teman sekantor bahkan teman gosip 😊😊. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan ide pokok yang akan kita tulis. Lalu gimana kalau sedang memgalami kehabisan ide? 
Griss menjelaskan bahwa di Beauty Journal biasanya menyajikan artikel sampai 10 artikel per hari. Bisa dibayangkan ya gimana hectic-nya kita (mungkin aku aja 😅) kalau nulis 10 blogpost perhari, kelihatannya sih bakalan tumbang dihari ke 3 gara-gara keabisan ide.
Tapi ide ternyata bisa dicari darimana saja. Salah satu cara yang bisa dibilang paling praktis adalah mencari apa yang sedang trend waktu itu. Bisa mencari What's trending di sosial media. Kenapa?  Karena sosial media adalah media yang hampir semua orang pakai. Jadi jangkauannya lebih luas. Sekarang hanya sedikit orang yang tidak mengenal apa itu facebookinstagramyoutube dan twitter
Selain sosial media dan lingkungan sekitar, bisa juga mencari di Google Trends. Di Google Trends kita bisa mencari dalam beberapa bulan terakhir apa aja sih yang dicari orang Negara A yang berhubungan dengan lipstick atau foundationInsight dan relation query yang muncul bisa membantu kita memunculkan ide untuk tulisan kita nantinya. 
Nah kalau ide udah ada, langsung catat! Media untuk mencatatnya terserah masing-masing blogger. Setelah ide terkumpul, baru mulai masuk ke penulisan beauty article nya. 
2. Penulisan Beauty Article 
Pembuatan artikel sendiri ada 3 aspek, yaitu:
  • Intro. Pembukaan atau awalan tulisan kita yang merujuk pada isi dari artikel. 
  • Isi artikel.  Berisi poin-poin pembahasan mengenai tema artikel. Penulisan nya harus sistematis. 
  • Closure atau kesimpulan. Berisi kesimpulan tentang judul yang dibahas dan space dimana penulis bisa mengundang pembaca untuk menyampaikan komentarnya. Kesimpulan disini bersifat objective
Setelah dapat ide, kita harus tau arah dari tulisan kita ini mau kemana dan tipe artikel kita ini apa. Tipe artikel yang diinformasikan oleh Grisselda ada beberapa macam, antara lain adalah produk rekomendasi, review, tips, tutorial dan interview
  • Produk rekomendasi. Penulisan artikel tipe ini intinya adalah kita sebagai penulis memberikan pilihan dengan kriteria tertentu kepada pembaca. Kita juga perlu memberikan informasi tentang apa yang oke dari produk yang kita rekomendasikan, berapa harganya dan alasan kenapa kita menyarankan orang lain agar mencoba produk tersebut. 
  • Product Review. Penulisan artikel tipe ini membutuhkan ulasan yang sangat lengkap mengenai suatu produk. Mulai dari kemasannya berbentuk apa, apa saja tulisan di kemasan tersebut, isi produknya bagaimana, efeknya seperti apa, komposisinya apa dan sebagainya. Jadi sebelum pembaca membeli dan mencoba sendiri produknya, kita harus memberikan informasi selengkap mungkin kepada pembaca sampai detail
  • Tips. Untuk tips biasanya memerlukan produk khusus untuk mempersingkat pembuatan suatu benda atau mempersingkat waktu pembuatannya. Oleh karena itu ketika membuat artikel tentang tips pastikan produk yang disebutkan dalam artikel bisa mudah didapatkan oleh pembaca yang berasal dari daerah pelosok sekalipun. 
  • Tutorial. Artikel dengan tutorial adalah artikel yang berisi tentang bagaimana cara membuat sesuatu atau melakukan sesuatu. Jadi penulis harus membantu pembaca melakukan suatu hal dengan praktek yang jelas, tidak berbelit-belit dan usahakan barang atau produk yang akan dipakai gampang ditemukan oleh pembaca. Sertakan foto atau video, sehingga pembaca bisa lebih memahami dan mudah untuk mempraktekkan pada dirinya sendiri. 
  • Interview. Untuk artikel interview kita bisa buat pada waktu ada launching suatu produk baru atau ketika ada undangan event beauty. Nah, disitu kita bisa menanyakan semua hal yang berkaitan dengan produk atau brand-nya. Usahakan untuk menanyakan hal yang khusus. 
    Jadi kesimpulan dari sharing awal dari Grisselda di atas adalah ketika menulis suatu artikel, tentukan dulu poin-poin yang akan disebut atau ditulis nanti nya. Contohnya, kita akan membuat artikel tentang Kesalahan Saat Memakai Lipcream. Kita bisa menuliskan poin penting terlebih dahulu, antara lain:
    • Tidak Scrub Bibir
    • Aplikasi Lipcream Saat Bibir Kering
    • Memakai Lipcream Tanpa Lipbalm
    Nah, dengan menentukan ide pokok dan beberapa poin yang akan disinggung, semakin mudah kita menulis bahasan selanjutnya. Artikel yang bagus adalah artikel atau tulisan yang bisa membuat pembaca belajar akan sesuatu, merasakan sesuatu dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dibacanya. 
    Lalu muncul beberapa pertanyaan dari peserta ngopi cantik #5 kemarin. Aku tulis aja pertanyaan dan jawabannya langsung ya. 
    • Kenapa penulis lebih disarankan menggunakan trend? Apakah tidak lebih baik menggunakan ide yang lain agar unik? 
    [Jawaban] 
    Pemilihan ide yang tidak biasa atau tidak sedang trend tidak masalah atau boleh saja dipilih penulis. Akan tetapi, topik yang sedang trending lebih terhubung dengan SEO. Jika di dalam judul tulisan itu sedang trend, maka kesempatan untuk dibaca semakin besar dan bisa menaikkan trafik pengunjung blog kita. 
    • Jika penulis A melihat ide dan membaca sekilas tulisan penulis B, sedikit banyak pasti akan mempengaruhi tulisan A. Berapa persen kah komposisi yang diperbolehkan kalau semisalkan tulisan itu mirip? 
    [Jawaban] 
    Dalam menulis, jika kita membaca tulisan orang lain, sebaiknya tidak hanya 1 atau 2 artikel saja. Jadi nantinya tidak akan terbawa dengan gaya tulisan orang lain. Selain itu, tiap orang punya gaya menulis masing-masing .
    • Gimana kalau pada saat review produk skincare (misalnya) lalu tidak cocok dengan kulit penulis?  
    [Jawaban] 
    Ini biasanya terjadi di tulisan tipe review. Sebagai penulis sebisa mungkin menginformasikan review dengan jujur tapi tidak menghina. Maksudnya jika suatu produk tidak cocok di kulit penulis, kemaslah penjelasan ketidakcocokan tersebut dengan bahasa yang halus. Jika review tersebut adalah review sponsor, bisa dikomunikasikan di awal perjanjian kontrak mengenai hal tersebut. Karena bisa jadi kalau penulis mengungkapkan alasan ketidakcocokan produknya, brand tersebut akan menerima dan memperbaiki formula dari produknya. 
    • Untuk penulis beauty article yang terkendala budget, biasanya akan menggunakan produknya yang ada untuk diulas. Bagaimana caranya agar menulis tapi tetap hemat? Lalu kalau produk A sudah banyak yang mengulas, apakah masih oke dan banyak yang tertarik jika mengulas tentang produk itu kembali? 
    [Jawaban] 
    Jangan pernah memaksakan mengeluarkan budget berlebih untuk suatu produk hanya agar ada yang bisa ditulis. Bisa dimulai dengan produk apa yang penulis punya. Satu produk bisa dijadikan beberapa tulisan. Apalagi sekarang mulai bertebaran produk lokal yang harganya murah tapi kualitasnya bagus. Mendatangi event beauty juga bisa dijadikan opsi, ketika menerima goodie bag, penulis bisa me-review tentang produk apa saja yang diterima. 
    Untuk me-review produk yang sudah banyak di-review oleh penulis lain tentu saja tidak ada masalah. Malahan penulis yang sudah membaca banyak artikel tentang produk tersebut, bisa mengulas lebih dalam lagi atau mencari bagian mana dari produk tersebut yang tidak terlalu dalam diinformasikan kepada pembaca. 
    • Artikel seperti apa yang bisa masuk dalam Beauty Journal? Apakah ada reward tiap menulis? 
    [Jawaban] 
    Kriteria artikel yang diterima Beauty Journal adalah artikel yang rapi, sedikit bahasa gaul. Relevan untuk pembaca Beauty Journal yang range pembaca usia 18-35tahun. Minimal berisi 300 kata dan dilengkapi dengan gambar atau foto yang melengkapi artikel tersebut. Untuk rewardBeauty Journal sedang mengembangkan sistem reward di SOCO
    • Bagaimana teknik penulisan artikel yang diterapkan untuk artikel Beauty Journal? Apakah harus sesuai EYD dan KBBI  atau bisa bahasa santai dan minimal berapa kata? 
    [Jawaban] 
    Kalau untuk penulisan di blog pribadi, bebas apakah itu menggunakan bahasa formal, santai atau campuran. Akan tetapi jika di Beauty Journal sebagai media semua penulis di tim editorial memakai kata baku sesuai dengan EYD dan berpedoman dengan KBBI. Penulisan kata-kata yang santai juga masih digunakan akan tetapi tidak mendominasi. 
    Tipe artikel singkat yang sifatnya beauty newsBeauty Journal mensyaratkan minimal 300 kata. Sedangkan artikel tutorial dan tips biasanya 500-700 kata. Sedangkan artikel interview  dan review sekitar 800-1200kata atau bisa lebih panjang lagi. 
    Nah itu tadi tulisanku tentang hasil dari aku ngopi cantik #5 bareng dengan Beautiesquad. Gimana? Udah jelas belom? 😁😁. Semoga cukup jelas ya. Jangan lupa gabung dengan Beautiesquad dengan klik disini
     Kalau ada kalimat atau kata yang kurang jelas, boleh lho tanya di kolom komentar. Atau bisa juga share pendapat temen-temen tentang ini. Kalau temen-temen mau menambahkan, aku dengan senang hati akan menanggapinya. 
    Sekian dulu informasi yang bisa aku berikan, semoga bermanfaat untuk teman semuanya. Jangan lupa mampir terus ya, sampai jumpa ditulisanku selanjutnya. 

    Wassalamu'alaikum ðŸ™ðŸ™ðŸ™

    14 comments:

    1. aku terbantu dengan kerangka artikel, agar kalau review produk nggak muter - muter aja pembahasannya :D

      ReplyDelete
    2. Sangat informatif dan bermanfaat beb 🙏

      ReplyDelete
    3. Aku jg ikut nih ngopcan yang ini. Berguna banget yaaa. Apalagi bagi penulis kayak kita gini.

      etherealpotato

      ReplyDelete
    4. penting banget nih buat beauty blogger

      ReplyDelete
    5. Aku juga ikutan kemaren kak💞 penting banget ya harus paham mengenai hal ini~

      ReplyDelete
    6. Waaah bermanfaat banget ini beb artikelnyaa 💛

      ReplyDelete
    7. Bermanfaat banget tipsnya untuk newbie seperti aku, thanks for sharing

      ReplyDelete
    8. Wah tengkiu banget kaak resumenya, aku selalu ketinggalan nih buat ikut ngopcan nya.. 😂

      ReplyDelete
    9. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    10. Thanks infonya.. Ini berguna bangettt..

      ReplyDelete
    11. Wah bermanfaat banget ...tq buat info nya

      ReplyDelete
    12. Aku ikut ngopcan yg ini juga dan materinya bermanfaat banget yah untuk beauty blogger. Materi ini masih sering aku baca untuk referensi juga

      ReplyDelete
    13. Wahhh nice info beb.. Kebetulan banget lagi cari cara untuk bikin konten berkualitas

      ReplyDelete

    REVIEW POSY BEAUTY MATTE LIPCREAM SHADE PRIDE

    Assalamualaikum  Hallow beauties!  Apa kabar?  Semoga selalu berbahagia.  Oke, kembali lagi aku mau meluncurkan racun sera...