Friday, December 14, 2018

TAHAPAN SKINCARE YANG TEPAT UNTUK PEMULA

Assalamualaikum.


Bagaimana kabarnya sister? Semoga selalu dalam keadaan bahagia ya.
Karena aku disini mau berbagi informasi yang semoga bermanfaat untuk temen-temen semuanya, yaitu tentang tahapan skincare yang digunakan untuk kalian yang awam tentang skincare.

Kenapa aku menyebutnya awam pemula? Karena begini,banyak wanita maupun pria diluar sana sekarang atau mungkin tadinya menggunakan produk perawatan wajah yang tidak jelas mereknya dan ingin berpindah ke produk perawatan wajah terbaik yang baik dan benar. Baik untuk wajahnya dan benar cara pakainya.

Jadi yang mulai menerapkan skincare basic lengkap untuk wajahnya atau yang dulunya sudah terlanjur pakai krim yang tidak jelas lalu ingin mencoba memperbaikinya, bagaimana ya urutan perawatan wajah yang baik? Bisa baca sampai selesai. Semoga tidak membingungkan ya.



Oke mari kita mulai.

Untuk tahapan skincare sebenarnya ada berbagai macam. Ada yang memakai 10 tahapan skincare, 7 tahapan dan lain sebagainya. Akan tetapi, tahapan dasar dari skincare yang harus ada itu adalah 4 tahapan. Yang biasa disingkat dengan CTMP. Aku mengenal istilah CTMP ini dari Rei Ranggawuni kemudian mulai memperhatikan step by step tentang komposisinya dari Mia. Temen-temen bisa klik nama mereka ya, biar bisa dapetin informasi berguna lainnya di sana. 

1. C untuk CLEANSER


Cleanser ini adalah tahapan awal perawatan kulit wajah yang wajib dilakukan setiap pagi setelah bangun dari tidur dan malam sebelum tidur. Bisa juga dilakukan siang hari ketika cuci muka. Cleanser digunakan untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran dan sisa makeup.

Cleanser harus dilakukan karena cleanser ini merupakan salah satu produk yang menghambat tumbuhnya jerawat akibat kotoran. Ini sekaligus menjawab pertanyaan, apakah wajah gak akan jerawatan kalau pakai makeup tiap hari. Karena kunci wajah tetap sehat tanpa jerawat yang disebabkan oleh makeup (kecuali memang tidak cocok dengan bahan makeupnya) adalah proses cleansing yang baik.
Cleanser sendiri ada beberapa macam dan bisa dipakai sampai beberapa tahap. Jenis cleanser sendiri ada beberapa, antara lain cleansing cream/milk cleanser, cleansing oil, cleansing water/micellar water, cleansing balm, cleansing foam/gel. Urutan pakainya biasanya yang berbahan oil terlebih dahulu karena bisa melunturkan makeup waterproof kemudian menuju ke produk cleansing yang berbahan dasar air dan terakhir produk cuci muka yang berbusa untuk menghilangkan sisa cleanser sebelumnya. Sebenarnya, itu urutan yang aku pakai.

Proses cleansing yang baik adalah double cleansing, walaupun kalian tidak memakai makeup. Fungsi double cleansing adalah membersihkan lebih bersih lagi, agar benar-benar tidak ada kotoran yang masih menempel di kulit.Jika double cleansing dirasa kurang bersih, kalian bisa melakukan 3,4 atau sampai 5x cleansing. Tergantung dengan seberapa tebal kosmetik yang aklian pakai sebelumnya.

Lalu produk cleanser apa yang bagus? Tentukan dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan jenis kulit. Tidak lupa sesuaikan dengan budget ya, tidak perlu memaksakan memiliki sabun dewa dengan harga mahal jika ada cleanser yang murah dan bahannya cocok untuk kulit.

2. T untuk TONER


Tahapan skincare ini sering tidak laksanakan oleh sebagian besar wanita yang awam dengan toner. Padahal, jika kalian pergi ke klinik kecantikan, pasti kalian akan mendapatkan paket lengkap dengan tonernya.

Pemakaian toner, sesuai urutannya, adalah setelah selesai mencuci muka dengan cleanser. Toner selain berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit setelah cuci muka, juga berfungsi untuk mengangkat sisa cleanser yang mungkin masih tersisa sedikit di wajah, well harusnya ini tidak terjadi ya.



Toner mempunyai banyak fungsi sesuai dengan bahan yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa jenis toner yang bisa kalian pakai. Antara lain cleansing toner, biasanya ini bergabung dengan milk cleanser. Lalu ada hydrathing toner dan ada juga exfoliate toner. Masih ada beberapa jenis toner, tapi yang umum digunakan adalah 3 jenis toner itu.

Pemilihan toner sapa seperti produk skincare lainnya, harus sesuai dengan kondisi kulit dan kecocokan produk dengan kulit kalianmasing-masing. Karena cocok di kulitku belum tentu sosok juga di kulitmu, begitu juga sebaliknya.


3. M untuk MOISTURIZER


Moisturizer atau pelembap adalah tahapan skincare yang paling umum dan yang paling rutin dilakukan. Karena paling simple cara penggunaannya dan paling tidak memakan waktu lama. Sayangnya, banyak yang berpendapat sendiri bahwa skincare itu cukup cuci muka dan pakai pelembap saja. 

Itu juga yang selalu aku lakuin dulu jaman SMA sampai melahirkan sih karena males banget pake produk yang berlapis-lapis serta gak paham dengan fungsi produk lainnya. terkadang malah cuci muka aja udah cukup jika tidak ada aktifitas di luar rumah. JANGAN DILAKUKAN LAGI!

Pelembap dipakai setelah tahapan toner selesai. Jadi ada baiknya setelah pakai toner, tunggu selama 2 menit atau sampai toner meresap sempurna ke kulit baru kemudian pakai pelembap. Pakai pelembap ke seluruh wajah dan leher dan hindari area mata dan dekat bibir.



Apakah boleh pakai pelembap sampai dekat mata? Bisa boleh, bisa tidak. Sebaiknya gunakan pelembap mata atau eyecream agar hasilnya lebih optimal. Tapi, selama pelembap tidak membuat area mata kalian bermasalah, silahkan dilanjutkan. Tapi ada baiknya hindari ya, pakai eyecream saja.

Pelembap ada berbagai jenis. Pilih yang sesuai dengan kondisi kulit kalian. Banyak yang berpendapat, bahkan beberapa dokter kulit juga menyarankan, untuk memakai pelembap berbentuk gel untuk kulit berminyak dan pelembap cream untuk kulit yang kering. Apakah benar?
Jawabannya juga tergantung.

Pelembap dipakai pagi dan malam hari. Pastikan pakai sesuai waktunya ya . Day cream untuk pagi dan night cream untuk malam hari. Karena ada beberapa day cream yang sudah ada spfnya dan ketika kamu pakai malam hari ,yang ada malah bisa mengumpat pori-pori wajah kamu.

Kondisi kulitku saat ini normal cenderung kering tapi aku terkadang lebih cocok menggunakan pelembap gel dibandingkan dengan yang teksturnya cream. Jadi balik lagi ya, sesuaikan dengan jenis kulit kalian dan kebutuhan kulit kalian masing-masing. 


4. P untuk PROTECT


Sunscreen, in the world of beauty, is the ultimate in adulting.
Emily Weiss

Oke, step ini banyak sekali yang skip. Tahapan terakhir dalam skincare yang juga multi fungsi, yaitu penggunaan SUNSCREEN.

Yes! Tabir surya. Kapan terakhir kalian pakai? Apakah setiap pagi kalian pakai? Seberapa banyak kalian pakai? Seberapa sering kalian pakai?

Proteksi wajah dengan sunscreen seperti pakai payung ketika hujan. Perlindungan dari sunscreen ini wajib dipakai setiap pagi, dan diulaingi lagi setiap siang hari. Walaupun tidak beraktifitas di luar rumah, tetap wajib menggunakan sunscreen. Kecuali kalian akan stay di dalam ruangan yang tidak ada cahaya yang masuk sedikitpun ya.

Bagi yang belum tau, sunscreen ini merupakan produk anti aging yang gampang dan murah. Apalagi kita tau ya, produk perawatan wajah unutk anti aging ini cukup tinggi. Jadi pemakaian sunscreen sejak dini akan memperlampat proses penuaan pada kulit. Bukan berarti meniadakan proses penuaan ya, tetapi memperlambat prosesnya. Pemakaian sunscreen bisa dari umur 3 tahun, tapi bisa dikonsultasikan duli ke dokter ya jika anak ada permasalahan dengan kulit.


Penggunaan sunscreen sendiri ada di urutan paling akhir dalam tahapan skincare. Kalau yang biasa bermakeup, sebelum memakai primer, pakailah sunscreen dulu lalu tunggu 5 menit baru aplikasikan tahapan makeup kalian. Lalu apply lagi sunscreen itu pada siang hari. Kalau tidak ingin menghapus makeup, bisa pakai sunscreen yang spray.

Pilihlah sunscreen yang berSPF minimal 30 dengan tambahan pa++++ nya. Pakai di pagi dan siang hari saja ya. Untuk malan tidak perlua pakai, karena matahari waktu malam kan tidak ada. Juga sunscreen bisa menyumbat pori-pori kulit jika tidak dibersihkan dengan baik.

Untuk informasi lengkap mengenai sunscreen, kalian bisa googling sendiri ya. Karena udah banyak artikel mengenai sunscreen. Atau kalian bisa klik 2 nama yang aku sebut di atas. Mereka pernah membahas sunscreen secara lebih detail.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Okay sisters and brothers!
Itu tadi sahre ku tentang tahapan dasar skincare yang harus ada dalam tahapan skincare kalian. Apakah temen-temen udah menerapkan semua? Apakah malah lebih banyak tahapan skincare kalian?
Share dong tahapan skincare kalian apa aja, lalu apa suka dukanya dengan banyaknya tahapan skincare yang kamu pakai setiap harinya.

Semoga postingan kali ini berguna dan bermanfaat untuk temen-temen yang saat ini masih bingung dengan tahapan skincare dan bagi temen-temen yang mau memulai memakai tahapn skincare yang benar sesuai urutan ya.

Terimakasih, jangan lupa berkunjung lagi.

Wassalamualaikum.

Reactions:

23 comments:

  1. Aku juga awal-awal kenal skincare melakukan step CTMP ini, awalnya dari coba toner eh ketagihan berlanjut ke essence, serum, dll😭🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah toner baru-baru ini pake, belum ada 2 tahun. hihihihi

      Delete
  2. Bedanya kita di toner dear, aku gak selalu pakai toner karena kandungan di setiap toner bikin mukaku kering apalagi yang ada alkoholnya. Thanks infonya membantu.

    ReplyDelete
  3. aku malah pakai eye cream nggak ngaruh huhu, malah bikin masalah :(

    ReplyDelete
  4. Aku sering ngeskip sunscreen nih.. Suka males aku tu 😑😥

    ReplyDelete
  5. Ada singkatannya ya ctmp, jadi mudah diingat apalagi untuk pemula

    ReplyDelete
  6. aku malah paling males paake toner . tp br2 ini sjs pake nya

    ReplyDelete
  7. Wahhh lengkap banget nih beb penjelasanya, nice info ❤

    ReplyDelete
  8. lengkap yah beb, dan bisa lanjut loh dengan essence dan serum karna itu ngaruh banget di kulit

    ReplyDelete
  9. Wow singkatannya CTMP Kalo aq masih regular pakai CMP kurang T nya kadang males

    ReplyDelete
  10. Wah infonya bermanfaat banget beb.. Apalagi buatku yg sering sembarangan pake skincare 😂😂

    ReplyDelete
  11. CTMP itu penting banget ya beb. Kalau aku biasanya nambahin essence sih hehe atau kadang2 serum. Tergantung mood aja

    ReplyDelete
  12. Hatomugi ini udah lama bikin penasaran, tapi kemaren pas lagi banyak diskon keabisan huhu

    ReplyDelete
  13. Detail banget kak infonya, hatumoginya aku juga sukaa💙

    ReplyDelete
  14. Huwaaa fanbo yang pink lucuk, aku baru coba yg ijo dan sukaakk

    ReplyDelete
  15. kalau mengikut tahapan skincare korea bisa banyak banget. padahal yang kulit kita bener bener butuhin ya cukup CTMP itu yah kak. tapi katanya skincare berlapis-lapis itu sudah mulai ditinggalkan

    ReplyDelete
  16. Informatif nih iya biasanyanada 10 tahap uda bisa bikin kulif bersih dan menjaga kulit yah

    ReplyDelete
  17. Wah Eny baru tau sama CTMP dan untung udah bener stepnya hhi

    Enychan

    ReplyDelete
  18. wiih bermanfaat bgt ini tulisannya beb, nice post :D aku udah ctmp syukurnya hihi

    ReplyDelete
  19. Waa info skincarenya bermanfaat banget kk

    ReplyDelete