Tuesday, April 2, 2019

BELAJAR MAKEUP BARENG YUK! [BELAJAR MAKEUP UNTUK PEMULA]

ASSALAMUALAIKUM


Hai Sisters!!!!
Apa kabar? Makin berkilau kah dirimu?
Okay, kali ini aku bukan mau ngeracun atau share review ke sister ya. Kali ini aku mau share informasi yang mungkin saja berguna untuk sister sekalian. Yaitu tentang "Tahapan Makeup Untuk Pemula".






Walaupun judulnya makeup untuk pemula, tapi sister yang udah ahli makeup juga harus baca ya, hehehe :) karena bisa jadi apa yang aku tulis itu ada yang kurang. Jadi sister sekalian yang lebih paham, bisa menabahkan atau mengkoreksi kalau ada yang salah.

Okay sister, mari kita lanjut saja ke tahapan-tahapannya.

DISCLAIMER

Tahapan makeup ini adalah yang biasa aku pakai ya sister. Tiap orang pastinya memiliki urutan yang berbeda, jadi tahapan yang aku biasa lakukan tidak bisa menjadi tolak ukur untuk dijadikan sebagai urutan makeup yang benar dan tepat. 

Urutan makeup sesuaikan dengan keinginan kalian dan sesuaikan juga dengan hasilnya. Ada yang biasa menyelesaikan complexion terlebih dahulu baru makeup mata, tapi ada yang menyelesaikan meakup mata terlebih dahulu kemudian mengerjakan complexion.

Apakah harus mengikuti semua tahapan ini? No sisters! Sister bisa skip beberapa tahapan yang mungkin sister tidak ingin lakukan.

Dan produk yang aku mention adalah produk yang biasa aku pakai, tapi bukan berarti sister harus punya ya. Silakan membeli atau memilih produk yang sejenis tapi tak masalah jika berbeda brand. 
Cari dan temukan tahapan bermakeup mu sendiri, sisters! :*

Persiapan Sebelum Makeup

Skincare


Sebelum sister memakai makeup, wajib banget mempersiapkan wajah agar nantinya makeup bisa lebih awet di wajah. Yaitu dengan memakai skincare routine kamu. Untuk yang masih awam juga mengenai tahapan skincare, bisa klik DISINI ya sisters.

Nah, jika sudah memakai skincare kalian, jangan langsung ditumpuk pakai makeup. Tunggu dulu sampai skincare benar-benar kering kurang lebih selama 5-10 menit, baru bisa dilanjutkan ke tahapan makeup. Karena apa?

Banyak yang mengalami kondisi dimana makeup tidak menyatu dengan kulit, atau bedak tidak rata atau makeup sudah luntur padahal baru memakain selama 2 jam. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kulit tidak diberikan skincare atau karena skincare belum terserap sempurna kekulit tapi langsung ditimpa makeup.

Primer

Langkah pertama dalam memakai makeup adalah penggunaan primer. Setidaknya itulah yang dilakukan para MUA, Beauty Blogger dan Beauty Youtuber agar makeup mereka lebih oke. 
Penggunaan primer, menurutku, sebenarnya adalah untuk melapisi kulit agar tidak langsung terkena foundation dan segala macamnya.

Ada beberapa jenis primer, tapi yang lebih populer atau yang lebih familiar untuk pemula ada primer yang memberi efek blurring pori-pori dan primer yang memberikan efek glowing.









Karena jenis primer ada beberapa macam, jadi beli sesuai kebutuhan dan jenis kulit sister aja ya. Karena jenis kulit itu berbeda dan efek terhadap produk juga pasti akan beda hasilnya. Jika sister memiliki kulit berminyak yang biasanya diikuti dengan pori-pori yang cukup besar, bisa memilih primer yang mattifying atau yang memiliki efek blur pori-pori. Begitu pula sebaliknya, jika sister ingin memakai konsep makeup yang basah dan glowi, pakai primer yang punyak finish dewy. 


Brows & Eye Makeup


Alis

Produk alis sekarang sudah berkembang, tidak hanya pensil alis saja, tetapi juga ada brow cream, brow pomade, brow matic, brow powder dan lain-lain. Untuk yang beralis tipis, kalian bisa menggunakan semua jenis produk alis, sesuaikan dengan dana saja.



Nah, untuk yang memiliki alis tebal, seperti aku, aku lebih menyarankan untuk sisters memakai produk alis yang berupa gel, cream atau pomade. Apalagi kalau alisnya berantakan dan nyebar kemana-mana. Bukan berarti yang beralis tebal gak bisa pakai pensil alis ya, tapi aku lebih merekomndasikan ada dari jenis tersebut.

karena pengalamanku sendiri, alis tebal lebih mudah diisi dan dibingkai menggunakan brow cream dibandingkan menggunakan pensil alis. Tentu saja bentuk alis yang baik didapatkan dari latihan ya sisters, tidak bisa secara instant.



Eyeshadow

Setelah selesai dengan masalah alis, biasanya aku langsung mengerjakan makeup mata terlebih dahulu. Karena apa? Karena biasanya kan eyeshadow ada fall outnya berupa serbuk yang sedikit banyak jatuh di area bawah mata, jadi kalau aku pakai foundation dulu, bakalan kotor. 

Walaupun sebenarnya bisa diakali dengan menggunakan bedak di bawah mata untuk menghindari fall out masuk ke foundation, tapi aku lebih prefer cara yang biasa aku gunakan. Balik lagi ke kenyamanan ya sister.

\



Untuk pemula, silahkan membeli produk eyeshadow yang warnanya netral atau bernuansa nude ya sister. Karena warna netral ini bisa dipakai sehari-hari dan bisa dipakai untuk acara apapun.

Tapi kalau sister pemula tapi ingin tampilan yang berani, bisa beli palet eyeshadow yang isi 4 tapi warnanya bold. Bisa untuk latihan dirumah ya sisters.

Eyeliner

Eye makeup kurang tajam tanpa eyeliner, betul gak sisters?
Kalau yang terbiasa pakai eyeliner pastinya berasa ada yang kurang ya kalau gak pakai. 
Eyeliner sekarang juga sudah dalam bentuk yang bermacam-macam. Pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan ya. 

Tetapi untuk pemula, aku menyarankan untuk memilih eyeliner dalam bentuk spidol. Eyeliner dalam bentuk spidol ini biasanya memudahkan kita dalam menggambar bentuk alis sesuai keinginan kita. Pilih eyeliner yang waterproof jika memang akan dipakai di luar rumah seharian. 

Apakah pemakaian eyeliner ini boleh di skip? Boleh sister!



Mascara

Nah, langkah selanjutnya adalah maskara. Maskara ada yang waterproof dan tidak, beli sesuai dengan kebutuhan. 
Jenis maskara juga bermacam-macam. Ada yang hanya melentikkan, hanya mempertebal, dan memiliki efek memanjangkan serta menebalkan. Jadi ada baiknya sebelum membeli produk apapun, baca dulu fungsinya dan instruksinya.


Nah, buat sister yang biasanya skip pemakaian eyeliner bisa mengakali dengan menggunakan maskara agar bulumata terlihat berbeda dan tampilan mata lebih segar.


Bulumata Palsu

Untuk pemakaian bulumata palsu ini optional ya sister. Kalau untuk daily makeup, tidak perlu sampai memakai bulumata palsu. Tapi jika sister akan memiliki banyak acara resmi dan dirasa perlu memakai bulumata, sister harus belajar memakai mulai sekarang. Karena memakai pemasangan bulu mata palsu itu cukup melelahkan. 



Pemilihan bulu mata palsu juga berpengaruh ya sister. Saranku adalah pilih bulu mata palsu yang lentur dan bentuknya natural. Tidak terlalu tebal. Pemilihan bulu mata palsu ini bisa sister tanyakan pada penjualnya ya.

Complexion

Selesau makeup mata, selanjutnya adalah complexion. Complexion ini maksudnya adalah makeup wajah seperti foundation, concealer, blush on dan lain sebagainya yang dipakaikan di bagian wajah kecuali area mata. Kurang lebih begitu ya sister.

Foundation


Sebenarnya ini bukan hanya untuk foundation saja ya, tatapi unutk berbagai bentuk alas bedak. Seperti alphabet vream, tint foundation, bb cushion atau cushion foundation dan lain sebagainya. Karena jenisnya sudah banyak dengan variant untuk jenis kulit yang beragam, jadi tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan kulit dan dana sister.

Alas bedak berfungsi meratakan warna kulit, Jadi pastika sister memilih alas bedak sesuai dengan undertone kulit sister. Jika sister kulitnya kuning langsat, hindari memakai alas bedak yang warnanya agak pink, karena nantinya akan membuat wajah sister terlihat abu-abu dan tidak menarik. 


Pemilihan alas bedak ini bisa dilakukan langsung di toko kosmetik. Oleskan sedikit di area rahang, diamkan selama beberapa menit (10-30 menit) lalu cek kembali apakah alas bedaknya menggelap atau tidak, atau sesuai dengan warna kulit sister atau tidak.

Alas bedak memiliki pilihan yang ditujukan untuk kulit berminyak, kulit kering, atau all skin type. Jika sister kulitnya berminyak, sister bisa pilih alas bedah yang matte atau yang ada keterangan oil control.
Begitu juga sebaliknya, jika sister kulitnya cenderung kering, pilih alas bedak yang finishnya dewy atau glowy.

Concealer

Concealer disini fungsinya adalah menutupi beberapa kekurangan seperti flek hitam, bekas jerawat, lingkaran hitam di bawah mata dan lain sebagainya. Tahapan conceal ini bisa di skip jika sister merasa tidak bermasalah dengan semua itu. Tapi biasanya sister akan butuh untuk menutupi dark circle atau area gelap bawah mata.

(pict by, beautybay.com)

Contour & Highlight

Nah, ini adalah tahapan yang tidak pernah aku skip (at least untuk contour nya). 
Contour fungsinya adalah sebagai ilusi untuk mengecilkan atau menyusutkan area wajah yang diiginkan, atau gampangnya untuk meniruskan. Biasanya dipakai di area dahi, agar dahi tidak terlihat terlalu lebar. Kemudaian dipakai di area bawah tulang pipi untuk meniruskan pipi dan area tulang hidung agar hidung terlihat lebih mancung.

Kemudian highlight funsginya untuk menonjolkan area yang diinginkan, seperti area tulang pipi, tulang hidung, area tengah dahi, dagu dan cupid bow. 

(sumber: latulipe-id.com)

Powder

Bedak ada beberapa macam. Ada bedak tabur, bedak padat dengan fungsi yang bermacam-macam. Jika sister ingin tampilan yang ringan, bisa menggunakan bedak tabur saja untuk mengunci makeup yang sudah dipakai sebelumnya. 
Jika ingin tampilan yang lebih flawless dan nyata, bisa menggunakan bedak padat yang akan menambah coverage dari makeup sebelumnya.



Bronzer & Highlighter

Tahapan ini juga optional ya sister. Bisa dilakukan atau tidak. Tapi untuk aku pribadi, pemakaian highlighter adalah wajib.

Bronzer sendiri berfungsi memberikan kesan hangat pada wajah, agar makeup tidak terlihat flat. Bronzer juga bisa digunakan ketika sister memiliki foundation yang terlalu terang, bronzer bisa menurunkan warna tersebut agar lebih hangat dan natural.

(sumber: mizzucosmetics.com)

Sedangkan highlighter ini berfungsi membuat tampilan makeup lebih segar. Highlighter biasanya memiliki shimmer yang akan memberikan efek glowing dan basah pada wajah. Biasa digunakan di tulang pipi dan tulang hidung.

Blush

Blush on merupakan penyegar makeup. Pwrona pipi ini akan memberikan efek segar pada wajah jika pemilihan warnanya sesuai. Aku sarankan memilih blush on yang berwarna pink yang soft dan peach, akrena warna tersebut bisa masuk ke semua warna kulit.

Karena bentuk pemakaian blush on sekarang beragam, sister bisa mencoba memakai blush dengan versi blush on demam atau blsuh on yang dipakai dibawah mata.

(sumber: tampilcantik.com)

Lips


Nah, ini yang terpenting, pemakaian lipen atau benges atau gincu atau lip products. Biasanya wanita banyak yang tidak memakai makeup di wajahnya, tetapi hanya memakai pewarna bibir saja. Jika pemilihan warnanya sesuai, tentu saja akan memberikan tampilan ekstra pada wajah kalian sister.




Finishing


Setting Spray



Pemakaian setting spray ini bisa di skip kalau sister merasa tidak perlu ya.

Setting spray ini berfungsi untuk mengunci makeup agar makeup lebih tahan lama ketika dipakai seharian. Jenis setting spray juga ada bermacam-macam. Jadi sesuaikan dengan budget dan kebutuhan sister.


******************************************************************************

Okay sisters!!!!

Itu tadi adalah tahapan yang biasa aku lakukan untuk makeup yang bisa diikuti bagi sister yang mau belajar makeup beserta produk-produk yang mungkin bisa jadi pilihan sister nantinya.

Semoga informasi dari aku ini membantu sister ya buat belajar nantinya.
Terimakasih sudah datang, jangan lupa mampir lagi.
Bye, Sisters!

WASSALAMUALAIKUM
Reactions:

2 comments:

  1. Aku salah fokus sama contour stick la tulipe dong, baru tahu ada produk begitu mereka tuh 😆

    ReplyDelete
  2. Klo langkahnya lengkap, ternyata macem2 juga. Apa dayaku yg tiap keluar cuma bedak sama lipen doang ahaha

    Blush on demam itu maksudnya yg dipakainya di area tulang pipi ya mbak?

    ReplyDelete