Monday, August 19, 2019

Begini Cara Merawat Smoothing Rambut Agar Tetap Lurus dan Sehat

smoothing rambut

Banyak sekali pengalaman kaum perempuan yang mengalami kerusakan rambut parah setelah melakukan smoothing rambut. Rambut yang awalnya lurus, sehat dan berkilau tiba-tiba berubah menjadi kasar, kusam, kering dan parahnya kembali menjadi keriting. Hal ini bisa disebabkan oleh proses perawatan yang keliru ataupun kurang perhatian dari pemilik rambut. Bagaimanakah cara untuk menjaga agar rambut  yang telah di smoothing menjadi tetap lurus, sehat berkilau dan tidak kembali menjadi keriting lagi? Yuk simak info berikut.
Cara Merawat Rambut Smoothing Biar Awet
Kebanyakan orang memang tidak terlalu memperhatikan perawatan setelah melakukan smoothing rambut karena dirasa rambut yang lurus ini akan terus bertahan lama. Padahal, perawatan untuk rambut yang telah diproses menggunakan bahan kimia sangat penting. Selain untuk menjaga agar hasil smoothing tetap bagus dan bertahan lama, perawatan ini juga bertujuan untuk merawat kesehatan rambut yang telah tercemar bahan kimiawi. Berikut ini beberapa cara merawat rambut smoothing biar awet yang bisa kamu ikuti.
  1. Jangan Keramas Setelah Proses Smoothing
Setelah melakukan proses smoothing rambut, jangan melakukan pencucian rambut selama kurang lebih 3 hari ke depan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi obat smoothing untuk bisa meresap sempurna ke dalam rambut. Jika kamu keramas sebelum 3 hari, obat smoothing akan mengucur bersamaan dengan air bilasan keramas.

  1. Jangan Memakai Catokan atau Hairdryer
Rambut smoothing juga diusahakan untuk tidak dicatok ataupun dikeringkan menggunakan hairdryer. Hal ini akan menyebabkan lunturnya obat smoothing karena panas yang dihasilkan oleh kedua benda tersebut. Kamu tidak perlu merasa khawatir akan kehilangan bentuk lurus rambut karena obat smoothing cukup kuat. 

  1. Pakai Masker Rambut
Jika telah melewati masa 3 hari setelah smoothing, lakukan perawatan pertama yaitu pencucian dan pemberian nutrisi rambut yaitu menggunakan masker rambut. Usahakan untuk menggunakan masker rambut dari bahan alami agar tidak merusak obat smoothing seperti masker pisang, alpukat, madu atau minyak zaitun.

  1. Jangan Memakai Sisir Berbahan Plastik
Tahukah kamu bahwa sisir plastik dapat menimbulkan aliran gelombang listrik statis jika berkali-kali disisirkan pada helai rambut. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan sisir plastik untuk rambut yang telah di smoothing. Sisir ini akan membuat rambut kamu kembali ke dalam bentuk gelombang seperti pada awalnya. Kamu bisa menggunakan sisir berbahan kayu dengan gigi lebar atau jarang.

  1. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Mengikat rambut akan membuatnya kembali bergelombang apalagi jika dilakukan dengan sangat erat. Tali pengikatnya akan menekan rambut dengan sangat keras sehingga membentuk gelombang. Itulah mengapa mengikat rambut menjadi pantangan bagi orang yang telah melakukan smoothing rambut.

  1. Potong Rambut Rusak
Jangan biarkan rambut rusak tumbuh dengan sendirinya seperti rambut bercabang, rambut patah, rambut kering dan lain sebagainya. Segera lakukan pemotongan jika dirasa perlu. Kamu tidak perlu membiarkan rambut bercabang di ujung rambut hanya karena telah di smoothing. Setidaknya potonglah di bagian ujung yang bercabang saja untuk menyelamatkan bagian lain yang masih sehat.

  1. Gunakan Sarung Bantal Lembut
Jangan tidur di sembarang tempat tanpa menggunakan alas yang memadai. Rambut kamu akan rusak karena bergesekan dengan benda kasar atau keras. Itulah mengapa disarankan untuk menggunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin yang lembut untuk menjaga agar rambut tetap lurus.

Tips merawat smoothing rambut di atas adalah cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Melakukan pelurusan rambut berarti kamu harus menerima konsekuensi perawatan ekstra agar supaya rambut tetap lurus, sehat dan awet. Jadi, jangan menyepelekan urusan perawatan rambut ya.

Reactions:

1 comment:

  1. Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Zahrah, sesama anggota WAG IHB :)
    Semoga kedepannya bisa berteman baik ya kak hehe.
    Sudah saya follow blognya ^_^

    Smoothing gitu saya takut rambutnya rusak, jadi sampai sekarang belum berani cobain hehe.

    ReplyDelete