Saturday, September 7, 2019

Ingin Jadi Beauty Blogger? Siapkan, 5 Hal ini!


Assalamualaikum

Hai Sisters!!!
Apa kabar?
Maaf mau narsis dulu!

Okay, seperti judul udah pada tahu kan ya sister aku mau bahas tentang apa?
Nah, jadi sebenernya aku membuat tulisan ini karena ada beberapa temanku yang menanyakan hal ini. “Gimana sih jadi beauty blogger itu? Ngelakuin apa aja dan kudu punya alat apa aja?”
Jadi disini aku akan share pengalamanku menjadi beauty blogger serta tools yang aku punya selama aku ngeblog dan lain sebagainya. Ini bukan patokan ya, bisa jadi apa yang aku share ini kurang lengkap, jadi buat sister yang lebiih paham, nanti mohon ditambahkan atau ingatkan saya.
Mari kita mulai!



1.       Niat yang Tulus

(maaf foto gak nyambung, :D)

Pertama kali yang haru dipersiapkan adalah NIAT. Niat sister menjadi beauty blogger itu apa? Untuk sharing informasi kah? Untuk nambah teman kah? Untuk lebih paham skincare dan makeup kah? Atau untuk dapat freebies kah?
Gak bisa dipungkiri biasanya beauty blogger itu berawal dari keinginan mendapatkan barang gratis, gak usah sungkan mengakui karena aku salah satunya, dulu. Yes, aku dulu mulai nulis tentang makeup karena ingin dapet hadiah. Akan tetapi, makin kesini niat itu berubah karena kalau menunggu datengnya gratisan, gak akan bikin kita maju. Yang ada malah bikin capek doang.
Jadi, pastikan dulu niatnya adalah untuk share informasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Freebies akan mengikuti jika konten dan tulisan yang sister buat itu memang memadai dan cukup menjual.
Nah, niat kamu gimana nih sisters? Kalau masih "free" yang menjadi alasan utama, aku sarankan untuk mengubah alasnnya dulu. Daripada nanti sakit hati setalah berbulan-bulan nulis tapi gak ada freebies yang nyantol, nanti malah jadi menurunkan semangat.

2.       Alat Menulis dan Siap Menulis


Hal kedua yang harus dipersiapkan adalah tools untuk menulis, tentu sebelumnya sister harus bisa menulis dan menyukai kegiatan menulis ya. Karena blogger ini adalah platform menulis online, jadi harus ada tools atau alat yang menunjang. Yaitu hp/laptop dan internet.
Untuk sister yang tidak punya PC computer atau laptop, bisa memakai hp sister. Yang penting udah memiliki koneksi internet dan bisa untuk menulis. Merek apapun, tipe hp apapun bisa.
Gak perlu kecil hati dulu jika tidak memiliki laptop untuk menulis, karena akupun menulis blog melalui hp androidku ini. Dan banyak banget beauty blogger senior di luar sana yang juga menulis di blog mereka dengan menggunakan hp. Jadi jangan khawatir jika tidak punya laptop ya sister. Karena banyak jalan dari Indonesia menuju Roma, lewat jalur air, darat dan udara.
Selain itu sister juga harus siap untuk menulis. Siap menulis disini adalah rutin dalam menulis. Jadi bisa membuat jadwal dalam 1 bulan ada berapa tulisan yang akan ditayangkan. Jadi jangan sampai bulan ini bisa membuat 2 tulisan lalu libur dan menulis lagi 3 bulan selanjutnya.
Menulis sesuai dengan niche atau konten yang sister pilih, yaitu konten beauty. Kalau ingin menulis dengan konten yang lain pun boleh, hanya saja usahakan sister memilih 1 atau 2 konten saja agar sister bisa focus dalam menulis dan mempersiapkan tulisan tentang kontern tersebut.

Nyampe sini, masih semnagat kan? Yang penting ada alatnya walaupun tidak secanggih blogger yang senior. 

3.       Memiliki Blog dan Memiliki Produk


Hal yang gak kalah penting adalah ini, punya blog!
Karena kita sharing tentang beauty blogger, jadi pastinya sister harus memiliki akun blog ya. Sister bisa cari informasi mengenai cara ngeblog untuk pemula. Bisa pilih mau pake platform blogger, wordpress atau yang lainnya.
Jika sudah memiliki akun blog, isilah blog sister secara rutin. Jika masih bingung harus menulis apa, sister bisa memulai menulis mengenai produk beauty yang sister punya di rumah. Tidak perlu membeli produk baru jika memang sister memiliki produk yang bisa di review. Akan tetapi jika sister tidak memiliki produknya, ya harus beli dulu ya.
Memiliki produk juga bagian yang penting sebelum memulai menulis tentang hal kecantikan. Jadi pastikan sister memiliki produk kecantikan terlebih dahulu. Produk kecantikan tidak harus yang mahal, beli saja yang produk yang harganya terjangkau asalkan aman dan ada nomor bpomnya.

Oh ya, JANGAN MENGADAKAN YANG TIDAK HARUS ADA! Jadi kalau memang kamu belum punya barangnya, gak harus saat itu juga punya barangnya. Semisal sister baru punya sabun cuci muka, toner, pelembap dan sunscreen aja dan semua produknya itu udah kamu review, cari alternatif lain. Tulis cara membersihkan wajah yang benar, atau daily skincare rutin kalian dan lain sebagainya.

4.       Memiliki Kamera


Tidak usah bersedih dulu, karena yang aku maksud di sini adalah kamera yang kalian punya walaupun itu kamera hp. Yes, minimal punya kamera hp dengan tangkapan yang memadai. Gak perlu yang megapixelnya puluhan, asal kamera hp sister bukan kamera vga aja udah cukup kok.
Kamera disini fungsinya untuk menangkap informasi produk berupa foto untuk menjelaskan keterangan produk lebih detail. Jadi tidak hanya membaca dan membayangkan bentuk produknya saja karena disertakan foto penunjangnya.
Contohnya, jika sister ingin menjelaskan bahwa tekstur dari krim malamnya itu sangat kental, sister bisa menambahkan foto dari krim yang telah dioles ditangan agar pembaca bisa melihat dari foto bagaimana teksturnya dari foto tersebut.
Tentu saja foto yang konsepnya bagus dengan tata letak yang proporsional akan lebih bagus. Sister bisa belajar mengenai hal tersebut, akan tetapi yang lebih penting adalah memiliki kamera walaupun kamera hp.

5.       Memiliki Sosmed dan Join ke Komunitas Beauty


Hal ini juga gak kalah pentingnya dari beberapa hal di atas, yaitu social media.
Social media ini berfungsi untuk membagikan atau share blog yang sudah sister bangun. Dengan membagikan link dari blog sister ke media social seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya akan membantu sister mendapatkan pembaca yang lebih banyak.
Semakin banyak postingan blog yang berkualitas yang sister buat dan semakin sering sister share ke media social yang sister punya akan menarik pembaca yang lebih banyak lagi. Hal ini akan membuat pembaca menjadi mengenal sister, mengikuti media social yang sister punya dan semakin tinggi juga peluang sister untuk di notice brand beauty.

Selain share blog secara mandiri, sister juga bisa ikut ke komunitas beauty, karena jika share postingan blog ke komunitas beauty, akan membantu menaikkan nama blog sister. Apakah wajib? Tentu saja tidak, akan tetapi jika ingin menambah relasi aku sarankan untuk mengikuti komunitas beauty karena sister akan memperoleh banyak sekali manfaat di dalamnya. Komunitas beauty yang ada di Indonesia ada bermacam-macam, tinggal sister pilih yang mana yang sister sukai.
Di atas aku tampilkan 4 komunitas beauty yang aku ikuti dari awal aku masuk ke dunia beauty blogger sampai sekarang. Dari sana aku belajar banyak hal, banget! Jadi kalian juga bisa ambil pelajaran dari gabung di komunitas tersebut. 

Done! Itu tadi 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun dalam kegiatan beauty blogger. Jadi, jika sister sudah siap, langsung eksekusi saja ya. Akan tetapi jika dari niat saja belum yakin, lebih baik sister beripikir lagi sebelum memulai.
Jika ada yang belum jelas atau penjelasanku ini kurang, terutama bagi temen blogger yang senior yang kebetulan baca tulisanku ini, mohon dikoreksi dan ditambahi ya :*.
Semoga sharing ku kali ini bisa membantu sister semuanya, jadi sister yang ingin atau memiliki niat untuk menjadi beauty blogger bisa membayangkan harus menyiapkan apa saja sebelumnya. Informasi yang aku bagikan ini bukan berarti aku lebih baik dari sister yang pemula atau yang akan memulai menjadi blogger lho ya, informasi ini murni karena aku ingin berbagi agar sister nantinya tidak bingung dan bisa jadi blogger yang suskes. Mari kita menjadi beauty blogger yang sukses bersama-sama!

Okay, terimakasih sister yang sudah mampir di blog ku, jangan bosen-bosen buat mampir lagi ya. Kritik dan saran yang sister berikan aku hanya bisa membalas dengan ucapan terimakasih. Sampai jumpa di tulisanku selanjutnya.

See you, Sisters!!
Wassalamualaikum


Reactions:

8 comments:

  1. Nice sharing ka..
    Sampai saat ini hal yg paling sulit aku lakukan adl rajin menulis..
    Padahal niat hati ingin berbagi sebanyak mungkin..
    Semoga ke depan dri sekarang aku menjadi lebih produktif.. 🙂😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun lhooo. Rasanya kalo kena serangan males itu ya, apa-apa bisa jadi alasan kok.

      Delete
  2. Niat yang tulus :"
    kaya mau pergi haji ya Allah wkwkkw.

    Tapi iya bener sih, niat is the main thing.
    Saya sih engga berkecimpung di dunia kecantikan meski tertarik. Dan berterimakasih kepada para beauty blogger yang memberikan ulasan jujurnya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taspi mba bisa lho konsisten gitu sama tulisannya. Aku kudu banyak belajar nih sama sister, :)

      Delete
  3. Wah...nice sharing banget tulisan mu ka, se enggaknya bisa dijadikan pemebelajaran buat smua blogger baik untuk yang mau mulai, nu bie atau yang udah bangkotan kek aku hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum bangkotan tapi udah gampang kena males kaya nyubi, ini kudu dirukyah kayaknya, hahahah.

      Delete
  4. Wahh bener & lengkap banget nih tipsnya. Eh dulu awalnya nulis review juga gara2 pengen dpt hadiah loh, cuma ikutan giveaway gitu. Makin kesini malah niatnya jd beda, kalau rajin nulis n review insya allah hadiahnya akan mengikuti dgn sendirinya hehehhe

    ReplyDelete
  5. Kurang kak.
    Mental! disamping niat tulus mental dicengin temen kantor is a must.


    wkwkwk

    ReplyDelete