Eka Kuncoro: BELAJAR SEO BARENG BEAUTIESQUAD DAN SHINTARIES

Tuesday, September 26, 2017

BELAJAR SEO BARENG BEAUTIESQUAD DAN SHINTARIES

Assalamualaikum temans. 
Aku mau share dulu nih. Bulan lalu (kalo gak salah) aku dapet kesempatan Ngopi Cantik sambil belajar Flatlay yang diadakan oleh Beautiesquad. Jadi semacam kuliah online gitu, dan ilmu yang aku dapet luar biasa banyak. Dari yang aku nol pemahaman tentang pengaturan foto produk, menjadi sedikit lebih paham tentang posisi, pencahayaan, blending warna dan editing. 
2 foto di atas adalah perbandingan dari sebelum aku dapet ilmu dari Ngopi Cantik dan sesudahnya. Btw, yang mimpin diskusinya itu Rahma Brilianita. 
Keliatan banget ya bedanya sebelum dan sesudah dapet ilmu. Maka dari itu, minggu lalu Beautiesquad ngadain lagi Ngopi Cantik dengan bahasan SEO. Ya tentunya aku ikut doooong secara aku masih tergolong baru didunia blogger dan masih awam istilan SEO. Buat kalian yang kemarin gak sempet ikut Ngopi Cantik, aku share ilmunya (yang semoga gampang dipahami). 
Nah, sekarang yang jadi pertanyaan adalah............ 



Apa sih SEO? 
SEO punya kepanjangan yaitu Search Engine Optimization atau bahasa Indonesia nya Optimasi Mesin Pencari. Fungsinya sendiri adalah mengoptimalkan tulisan kita yang ada di blog, biar gampang ditemuin sama mesin pencari. Terus gimana biar tulisan kita bisa langsung terbaca oleh mesin pencari dan bisa nampang di page pertama? Ada beberapa teori yang harus dipahami lebih dulu. 
Otoritas Blog
Otoritas Blog sering disebut juga DA atau Domain Authority. Semakin tinggi otoritas suatu blig, maka makin tinggi juga kesempatan buat nangkring di halaman pertamanya google. 
Otoritas disini adalah kepemilikan blog yang jelas siapa pemiliknya. Dengan kata lain, google harus punya data yang lengkap agar tulisan yang dibuat juga bisa diterima oleh google. Karena blog yang punya otorias yang jelas akan lebih diprioritaskan daripada blog anonim. 
Konten Blog
Konten ini adalah isi dari blog. Konten suatu blog bisa terindeks oleh mesin pencari jika isi dari blog nya sendiri berkualitas. Konten ini berupa tulisan, foto, video, dll. Dengan kata lain isi blog harus original tulisan sendiri, bukan hasil copy paste tulisan orang lain (kasian lho yang dicopas, sumpah) dan konten yang sering terupdate secara rutin. Semakin rutin dan berkualitas konten blog itu, maka mesin pencari lebih mudah menemukan blog nya dan lebih mudah nongol di page pertama. 
Konten blog harus punya tema juga ya. Jadi pastikan update-an dari blog kamu berisi tulisan yang punya tema yang sama atau paling banyak 2 tema dalam satu blog. Misalkan blog kamu tentang parenting, ya cukup berisi postingan tentang parenting saja. Tidak tercampur dengan tema beauty atau yang lainnya. Konten dengan tema yang spesifik pastinya juga lebih gampang terindeyoleh mesin pencari. 
Kualitas Template 
Kualitas template yang dimaksud adalah kelancara blog saat membuka template yang terpasang diblog kita. Ukuran dari template pun berpengaruh blog kita diterima oleh mesin pencari atau tidak. Karena semakin berat size dari template, otomatis semakin berat dan semakin lama loading yang terjadi ketika viewer membuka blog kita. 
Nah, jadi sekarang aku pun gak heran kalau sekarang banyak sekali penjual template yang menawarkan design template yang kece dengan size yang tidak terlalu besar, tapi pastinya harganya juga lumayan. Karena kualitas template dan kecepatan aksesnya juga mempengaruhi prioritas blog kita terpilih oleh mesin pencari. 
Mobile Site dan Backlink
Mobile site sendiri artinya adalah blog kita bisa terbaca dengan mudah oleh viewer yang menggunakan mobile ketika mengakses, atau gampangnya adalah blog kita mudah dibaca melalui mobile phone (handphone). Karena, seperti yang kita semua tahu, sebagian viewer membuka ulasan tentang apapun biasanya melalui mobile phone yang bisa dibawa kemana-mana. Jadi kalau blog kita tidak bisa dibaca dengan mobile phone atau harus dengan pc ketika membacanya, otomatis sebagian besar dari viewer loyal kita akan berpaling ke blog lainnya. Yang tentu saja akan merugikan traffic dari blog kita sendiri. 
Kemudian Backlink. Backlink sendiri adalah url blog kita terpasang di blog milik orang lain. Banyaknya backlink juga punya peran saaaaangat besar untuk kelangsungan hidup blog kita. Semakin banyak backlink yang mengarah ke blog kita, semakin tinggi juga traffic blog kita dan otomatis semakin besar kesempatan blog kita nampang di halaman pertama pencarian. 
Nah itu tadi beberapa teori yang memudahkan kita lebih mengenal tentang SEO. Kemudian, gimana cara mengaplikasikan langsung ke blog kita? Mba Shintaries juga menjelaskan tentang beberapa teknisnya. 
1. Judul Berisi Kata Kunci
Seperti yang kita tau bahwa judul itu pertama kali dibaca oleh viewer, nah judul yang mengandung kata kunci pastinya akan lebih mudah terindeks dan muncul di halaman pertama mesin pencari. Jadi untu setiap judul pada blogpost kita, harus ada kata kunci untuk membantu viewer merujuk ke blog kita dengan lebih gampang. 
2. Ubah permalink
Permalink disini juga penting. Kita harus mengubah permalik sesuai dengan SEO. Bagaimana caranya? Yang paling mudah adalah mengubah permalink dengan kata kunci yang juga ada pada judul.


3. Jumlah kata
.
Jumlah kata juga sangat berpengaruh lho. Google biasanya lebih mengindeks blog dengan jumlah kata 800kata lebih. Tentunya tulisannya pun juga berkualitas. Jadi yang biasanya masih nulis sekitar 200an kata (macem aku dulu πŸ˜…πŸ˜…) bisa memulai dengan menambah kata sesuai dengan SEO ya.
4. Foto dan video
Untuk foto dan video yang akan diupload, sesuai SEO, harus diset terlebih dahulu dari resize dan rename dengan nama brand atau dengan kata kunci. Hal itu memudahkan juga tampilan foto dan video kita agar bisa tampil di bagian depan mesin pencari. 
5. Internal dan eksternal link. 
Disinilah backlink metode mulai digunakan. Otoritas blog kita juga dipengaruhi dengan seringnya link ini ada. Bisa dengan kita menambahkan link yang merujuk ke web lain. Atau berusaha mendapatkan backlink menuju ke blog kita. Hal yang biasanya dilakukan adalah, dengan blogwalking. Dengam meninggalkan jejak url blog kita, bisa sedikit banyak membantu viewer baru menuju ke blog kita. 
6. Meta Description 
Meta deskripsi adalah ringkasan singkat tulisan yang ada di blog kita dan yang tercantum tepat dibawah judul blogpost ketika terindeks oleh mesin pencari. Ini yang penting, karena kalau kita kurang jelas dan ringkasan kita tidak menarik viewer, maka mustahil viewer akan klik ke blog kita
Kurang lebih begitulah hasil dari Ngopi Cantik bareng Beautiesquad X Shintaries beberapa waktu yang lalu. Intinya adalah, terima kasih Beautiesquad atas kesempatannya, karena aku waktu kuliah gak diajarin beginian πŸ˜….
Jadi dari semua ilmu yang aku dapet kemarin tentang SEO adalah ngeblog itu gak cuma sekedar nulis,upload foto,udah. Masih banyak proses panjangnya biar blog kita bisa terindeks oleh mesin pencari. Tentu saja beberapa usaha harus dilakukan seperti perombakan internal seperti teknik penulisan,template blog, konten blog dan attitude blogger (backlink & blogwalking). 
Tentu saja blog mu masih jauh dari kesempurnaan SEO dan dengan ilmu yang dibagi oleh Shintaries, jadi lebih semangat memulai nulis dengan baik.
Kalau ada yang ingin di share bareng,boleh kok komen di bawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa dicoretan selanjutnya.
Ps: instagramnya Shintaries, disini
Atau bisa klik www.shintaries.com 
Jangan lupa follow sosial mediaku yes:
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment

REVIEW POSY BEAUTY MATTE LIPCREAM SHADE PRIDE

Assalamualaikum  Hallow beauties!  Apa kabar?  Semoga selalu berbahagia.  Oke, kembali lagi aku mau meluncurkan racun sera...