Saturday, November 30, 2019

Skincare Routine Kulit Normal Kering



 Hai, Assalamualaikum Sisters!!!!

Apa kabar? Semoga semakin bahagia.

Okay, kali ini bukan mau pamer look atau review produk secara detail. Kali ini aku mau share skincare routine ku yang sudah berubah dari beberapa bulan yang lalu. Kalau temen-temen pernah baca skincare routine ku yang dulu, bakalan jauh bedanya dengan skincare routineku sekarang.




Dikarenakan kondisi kulitku juga sudah tidak sama seperti yang dulu.
Jadi, duluuuu banget, jenis kulitku tuh berminyak dan berjerawat. Kusam parah dan komedo merajalela, jadi sangat kurang enak dirasakan. Lambat laun, mungkin karena faktor usia yang makin bertambah juga, kulitku berubah menjadi kombinasi. Jadi di area T-zone berminyak, sisanya normal dan tetap berjerawat.

Kemudian, 2 tahun yang lalu, jenis kulitku berubah lagi menjadi sangat kering tapi tetep mudah berjerawat. Atau lebih dikenal dengan sebutan acne prone. Keringnya sampai bikin wajah ketarik ketika senyum dan menggerakkan dahi dan alis. Ketat gitu rasanya.


Lalu, setahun belakangan ini, jenis kulitku kembali berubah. Kemingkinan besar karena skincare yang aku pilih. Harus aku akui, kondisi kulitku yang sekarang ini adalah kondisi kulit terbaikku selama aku memakai skincare. Which is, dari awal kuliah. Terimakasih sekali kepada para beauty blogger yang membinaku tentang skincare!!!!!!


Jadi, kondisi kulitku sekarang adalah normal tapi cenderung kering. Jadi, bagian T-zone itu normal, masih ada sedikit sebum yang keluar namun tidak terlalu banyak sampai mengkilap dan mengganggu. Lalu area selain T-zone kondisinya adalah kering. Sedikit ketat dan kaku, apalagi kalau habis cuci muka atau cuaca dingin. Tapi, komedo sangat berkurang banyak,pori-pori kulit yang dulunya sangat terlihat besar jadi lebih mengecil dan bersih, kulit terasa lebih kenyal dan jerawat jarang muncul kecuali jerawat hormonal.

(foto paling kiri, tahun 2011. Foto tengah, tahun 2013)
foto tahun 2017

Jadi, kulitku duluuu banget adalah seperti ini (maaf ya agak ngeblur, maklum foto lama kamera masih vga) lalu kulitku sekarang, seperti ini.

hanya pakai serum dan sunscreen

foto November 2019


Penasaran gak skincare routine ku apa aja? Kalau penasaran, silakan lanjut baca. Bagi yang gak penasaran, tolong lah penasaran dikiiiiit :D.

Cleanser

Okay, untuk cleanser aku pakai beberapa jenis. Untuk daily, aku biasanya selalu double cleansing. Tapi kalau sebelumnya pakai makeup, baik itu berat maupun ringan, aku pasti ngebersihin makeup 3 tahap cleansing dan tiap tahapnya aku ulang beberapa kali. Nah, biasanya aku pakai cleansing oil atau balm, cleansing cream, cleansing water atau micellar water dan face wash. Kadang juga kalau lagi rajin, aku pakai cleansing toner lagi setelahnya.

Produk cleansing yang biasa aku pakai adalah ini. Ada yang sama dengan skincare routineku sebelumnya, dan ada yang beda dan aku tambahin lagi produknya.



Cleansing oil yang aku gunakan adalah minyak zaitun kadang juga eyemakeup remover, kadang aku juga pakai jelly yang aku gunakan sebagai cleansing balm. Fungsinya sama, karena mengandung minyak, jadi bisa mengangkat makeup apalagi makeup yang waterproof.


Clenasing water yang biasa aku pakai adalah dari beramcam-macam brand. Yang sering aku repurchase adalah dari Garnier, Nivea (buat leher dan tangan abis swatch), Wardah, Ponds dan lain-lain. Aku pribadi gak ada masalah dengan berbagai jenis cleansing water. Yang penting hindari yang ada alcohol atau bahan yang kalian alergi aja ya.




Untuk face wash atau sabun cuci muka, aku suka gonta-ganti. Tapi biasanya aku pilih yang teksturnya gel bening dan tanpa SLS, yang gak ada tambahan pewanginya dan pasti tanpa alcohol. Aku juga pilih yang busa nya tidak terlalu banyak, karena biasanya kulitku selalu ketat atau kaku setelah pakai sabun cuci muka yang memiliki busa yang melimpah. Nah yang sedang suka aku pakai sekarang adalah Janeeta Skincare Bee Venom Face Wash dan CosRX Low pH Good Morning Cleanser.


Kedua cleanser ini sama-sama bening, aromanya sama-sama light gak terlalu ada aromanya gitu. Juga busanya tidak terlalu banyak. Jadi di kulitku ringan dan gak bikin kering yang terlalu setelah dikeringkan.


Toning


Tahap toning ini penting banget dan gak boleh skip untuk kulitku. Tahap ini fungsi utamanya adalah untuk mengembalikan pH alami kulit, tapi yang paling penting adalah mengembalikan hidrasi kulit sehingga kulit tidak kering lagi.



Nah, aku pakai 2 jenis toner untuk skincare routine ku. Eksfoliating toner dan hydrathing toner. Eksfoliating toner yang aku punya yaitu dari CosRX BHA Power Liquid dan Avoskin Miracolous Toner dengan AHA dan BHA, jadi peeling semua. Kemudian hydrathing toner yang aku pakai adalah Lacoco Aloe Vera Soothing Mist, Hada Labo Moisturizing Lotion dan Hatumogi Skin Conditioner.


Ekfoliating toner biasanya aku pakai seminggu maksimal 3 kali, setelah pakai itu selang 2 menit aku beri hydrathing toner. Jadi aku pakai hydrathing toner setiap hari, sehari 2-3x sesuai kebutuhan. Kadang aku memakai toner secara berlapis jika kulitku terasa bener-bener kering. 



Essence, Serum dan Moisturizer

Aku memakai beberapa produk, ada beberapa yang aku selalng seling pakai tapi ada yang baru 2 minggu ini aku pakai secara rutin. Sebenarnya, sebelum pemakaian pelambap atau moisturizer, kalau kulit kalian kering banget, temen-temen bisa nambahin essence dan serum setelah tahapan toning. 



Aku kadang pakai, tapi sering nya aku pakai essence dan serum itu kalau lagi malas pakai pelembap :p. Sebenarnya aku lebih seneng pakai serum dan essence dibandingkan dengan pelembap, karena rasanya lebih ringan dan gak greasy. Jadi nanti bakalan kelihatan bahwa aku punya produk essence dan serum yang lebih banyak dibandingkan pelembap.


 Serum dan essence yang aku pakai adalah dari Bio-Essence Water Gold, Biokos Age Renew Serum, Lacoco Hydrathing Divine Essence, Clinelle Hydracalm Serum, Avoskin Miracolous Serum dan Beaussential Anti Aging Serum.

Pokok dan fungsi utama dari serum dan essence itu adalah untuk menjaga kelembapan kulit, ada beberapa yang mengandung bahan anti aging yang bisa membantu agar kulit tidak gampang “menua”. Jadi karena tekstur dari produk-produk ini tuh ringan, aku lebih suka pakai ini daripada pelembap, cuma kadang kurang aja di kulitku yang kering ini. Kecuali beberapa produk serum yang memang agak lebih thick atau kental dibandingkan produk serum lainnya. Nah yang 2 minggu ini sedang aku pakai adalah Beaussential Anti Aging Serum.



Okay! Mari langsung ke pelembap. Untuk pelembap, aku memang memilih untuk pakai yang teksturnya ringan, jadi tidak thick banget creamnya dan kalau bisa yang ada anti agingnya. Yang sedang aku pakai beberapa bulan ini adalah Avene Hydrance Aqua Gel Cream, Biokos Age Renew Cream dan Beaussential Anti Aging Gel and Cream. Biasanya kalau pagi aku pakai Avene, kalau malam baru produk dari brand lain. Tapi 2 minggu ini aku sedang mencoba pakai Beaussential Anti Aging Gel+Cream ini.

Protect


Nah, step atau tahap terakhir dari skincare routine ku adalah sunscreen. Sunscreen dipakai pagi sampai sore aja yah, pas mandi sore yang langsung dibersihkan dan gak perlu pakai lagi. Pemakaian sunscreen biasanya aku reapply tiap 4-5 jam sekali sesuai jenis aktifitasku pada hari itu.



Produk sunscreen yang aku punya gak banyak, ada Emina Sunscreen, Skinaqua spf 50 pa++++ dan Biore UV. Sunscreen itu juga aku pakai sesuai dengan kebutuhan. Kalau lagi gak ada kegiatan di luar rumah, aku biasanya pakai Emina. Karena spf nya paling kecil dan tekaturnya yang paling tidak ringan.


Kalau untuk aktifitas di luar ruangan dan aku rasa bakalan agak lama aku di luar rumah, aku lebih pilih pakai Skinaqua karea di kulitku sunscreen tersebut paling ringan dan tidak membuat greasy. Sedangkan jika aku aka nada kegiatan di luar rumah dan gak terlalu lama aktifitasnya, aku akan pakai Biore UV karena pengalamanku, ketika pakai sunscreen ini dan terlalu lama aktifitas di luar rumah, kulitku akan lebih berminyak dan tidak nyaman dibandingkan memakain produk lain. Akan tetapi, Biore UV ini tetap ringan sekali teksturnya.



OKAY!!!!!!
Itu tadi beberapa skincare ku yang aku pakai beberapa bulan belakangan ini, ada beberapa yang repurchase seperti toner hatumogi, Cosrx ekfoliating toner dan gel cleanser, Hadalabo, Skinaqua Sunscreen, Biokos Age Renew Serum dan Bio-Essence. Lainnya belum habis dan ada yang tinggal sedikit sekali.
Yang aku rasakan perubahan dari awal aku kenal skincare sampe sekarang adalah, aku selalu baca dulu komposisi produk sebelum pakai. Teliti dulu ada gak ya komposisi yang bakalan gak cocok di aku dan lain sebagainya. Akhirnya, kulit yang aku rasakan sekarang adalah kondisi kulit yang paling nyaman yang aku punya. Komedo dikit banget, tekstur kulit jadi lebih halus, pori-pori kulit gak bisa kecil tapi lebih bersih dan jerawat sudah mulai jarang muncul.


Perlu aku tulis sekali lagi, kondisi kulitku adalah normal cenderung kering dan membutuhkan produk yang focus ke anti aging. Jadi, jika temen-temen punya jenis kulit yang sama, mungkin bisa dicoba pakai beberapa produk yang aku sebutkan di atas ya. Atau buat temen-temen yang pengen coba produk anti aging tapi masih awal dan gak tau mau beli yang mana, bisa coba juga skincare anti aging yang aku sebutkan di atas.

Baiklah! Segitu dulu sharing skincare routine ku kali ini, mohon doanya semoga aku bisa banyak kesempatan buat cobaik skincare lainnya lagi. Jadi aku bisa share lagi deh skincare routine ku selanjutnya. Terimakasihh sudah mampir dan baca, jangan sungkan buat mampir lagi next post!
DISCLAIMER: Produk yang aku gunakan di atas adalah produk yang cocok untuk kulitku. Produk-produk tersebut tidak dijamin 100% cocok dan atau 100% tidak cocok untuk kamu. Karena reaksi produk bisa berbeda di tiap jenis kulit. Tidak cocok untukku belum tentu tidak cocok untukmu, cocok untukku belum tentu cocok untukmu. Jadi, teliti komposisi sebelum membeli ya.


Wassalamualikum, sisters!!!

Reactions:

0 comments:

Post a Comment