Saturday, January 18, 2020

Momong Anak di Markas Teman Sejiwa Ponorogo




Assalamualaikum!


Hai apa kabar semuanya, sisters dan brothers??!!




Kembali lagi dalam tulisan jalan dan jajan bareng Eka. Rasanya sudah lama sekali aku tidak jalan-jalan karena banyak hal. Akhirnya Alhamdulillah bisa juga aku share kegiatan menyenangkanku ini. Okay, kali ini bukan resto atau tempat makan seperti yang biasa aku kunjungi sebelumnya. Kali ini aku mencoba masuk ke tempat ngopi yang sedang “hits” dari tahun lalu, di Ponorogo ya.


Kopi Janji Jiwa Jilid 594 Ponorogo

Seperti yang temen-temen tahu, Kopi Janji Jiwa ini merupakan franchise yang menyuguhkan berbagai macam pilihan kopi yang segar. Menu yang diberikan juga sebagian besar atau bahkan 100%  adalah kopi lokal yang dibeli langsung dari petani kopi di Indonesia.

Kopi Janji Jiwa ini sendiri sudah ada dari tahun 2019, tempatnya di Jakarta. Sekarang brand ini sudah memiliki ratusan cabang dengan sebutan “jilid” kemudian diikuti dengan nomor urutan. Di Ponorogo sendiri memiliki sebutan Jilid 594. Kedai ini juga mengusung hashtag yaitu #temansejiwa yang artinya adalah sebutan untuk pembeli Kopi Janji Jiwa.

Outlet Kopi Janji Jiwa di Ponorogo ini tepatnya terletak di alamat Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tonatan, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo. Tepatnya ada di Ponorogo City Center, lantai dasar pas di depan pintu masuk parkiran.


Ruangan Kopi Janji Jiwa ini tidak terlalu luas akan tetapi cukup untuk kedai kopi. Ketika masuk, langsung terasa nuansa yang penuh “kayu”. Mulai dari ayunan kursi rotan yang berada di belakang pintu masuk, kemudian meja dan kursi kayu dan beberapa ornament lainnya. Dindingnya putih dengan beberapa tulisan. Menurutku, minimalis dan tidak terkesan berisik dilihat.



Meja kursinya tidak terlalu banyak yang berada di area tengah dan samping. Mungkin hanya ada 5 meja dengan 2 kursi di masing-masing mejanya. Lalu ada 2 meja yang ditempel di kaca depan kedai berisi 4 kursi dan sisi kanan 3 kursi, dan 1 meja temple di counter dengan isi 3 kursi. Ada juga ruangan outdoor yang berada di sebelah kanan kedai, yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk mereka yang perokok atau yang ingin menikmati kopi pada malam hari.


Terdapat 1 mainan yang bisa digunakan teman sejiwa, ada beberapa tanaman untuk menghias ruangan, kursi tinggi yang sepertinya digunakan untuk live music, hiasan ayunan kursi yang bisa dimanfaatkan teman sejiwa untuk berfoto. Karena nuansanya cukup membuat nyaman, lokasinya juga bersih dan luas da nada beberapa spot yang bagus jadi temen-temen bisa banget berfoto untuk kebutuhan social media. Cukup instagramable.


Karena kedai ini jadi 1 dengan mall, jadi bukan kedai yang berdiri sendiri, jadi untuk toilet tidak disediakan. Pembeli harus menggunakan toilet mall.

Untuk menunya sendiri, di depan tempat pick up order sudah disediakan stand banner nya yang berisi semua menu minuman dan menu terpisah untuk snack. Jujur karena pilihannya terlalu banyak, aku bingung menentukan yang mana yang harus aku order. Akhirnya aku pilih yang ada keterangan “janji enak”, yang bisa berarti juga best seller di kedai ini. Akhirnya aku pesan 2 minuman, yaitu Es Kopi Susu yang berisi expresso, susu dan gula aren. Juga Es Susu Soklat untuk anakku yang berisi susu segar dan coklat.


Dari menunya, menurutku sangat informative. Harga sudah tertera di bawah gambar masing-masing nama minuman, ada keterangan mana minuman yang mengandung kopi dan mana yang tanpa kopi juga pilihan serie lainnya, ingin menambah topping atau tidak dan ada pilihan toppingnya apa saja, juga sudah ada keterangan minuman tersebut komposisinya apa saja. Jadi teman sejiwa tidak akan zonk dengan rasanya karena sudah tahu minumannya bakalan berisi apa saja.


Untuk pemesanan tidak terlalu sulit, hanya waktu pemilihan menunya saja yang lama. Jadi untuk aku yang baru pertama kali datang ini, bakalan makan waktu lebih banyak untuk membaca menunya. Pelayanan dari barista nya cukup ramah, kebetulan saat itu hanya ada 1 barista saja. Karena saat itu aku datang pukul 11 siang, jadi kedai juga belum begitu ramai sehingga penyajian minumannya juga cukup cepat.


2 miinuman yang aku pesan dan snack (pisang lumer) yang aku makan ini harus dibayar dengan harga 45ribu rupiah. Menurutku ini tergolong jajanan yang cukup di atas kata murah. Jadi tidak terlalu mahal tapi juga tidak murah. Kalau untuk aku pribadi, harga segitu cukup agak mahal, akan tetapi yang memang suka dengan kopi dan paham dengan kualitas kopi, mungkin bisa jadi harga segitu adalah hargayang wajar atau bahkan murah.  Cuma ini cukup worth it untuk dicoba karena rasa dari 2 minuman yang aku pesan itu semuanya enak.

 Hanya saja menurutku snacknya tidak terlalu oke, maksudnya adalah mahal. 3pcs pisang lumer ini harganya 9ribu. Bagiku, ini bagiku yaaaa, untuk snacknya kurang banyak 😁.


Apakah kedai ini ramah anak?


Harus diingat bahwa ini adalah kedai kopi, jadi ya pastinya target market mereka bukan anak-anak, walaupun ada pilihan menu yang bisa dinikmati oleh anak-anak juga. Cuma memang kalau ingin membawa anak-anak di kedai ini harus di bawah pengawasan. Anakku dan anaknya temanku sebagai contoh, lari-lari dan mainan dengan sedikit tidak kalem. Semisalkan pengunjungnya banyak, pastinya bakalan mengganggu dan tidak sopan sama sekali. Tapi berhubung masih baru buka dan masih sepi pembelinya, anak-anak agak sedikit leluasa bergerak.


Kesimpulan

Kedai Kopi Janji Jiwa di Ponorogo ini layak dicoba. Aku rekomendasikan buat semua temen-temen yang gemar menikmati minuman segar. Pilihan menunya sangat beragam dan informative, harganya affordable atau sesuai dengan jenis minumannya, tempatnya sendiri cukup nyaman dan bersih, pelayanannya ramah dan banyak spot untuk foto. Buat youtuber atau blogger, bisa coba bikin konten di sini.
Buat temen-temen yang ingin hangout dan bawa anak, harus full pengawasan ya. Tempat ini juga bisa untuk tempat istirahat sejenak ketika anak sedang bermain di mall dengan saudaranya. Ngadem sebentar.



Okay, jadi itu tadi cerita jalan dan jajan ku kali ini di Ponorogo. Temen-temen boleh dong kasih aku saran, tempat mana lagi di Ponorogo yang bisa aku cobain! Kalau bisa yang aman untuk bawa anak-anak ya, karena anakku akan selalu nempel kemanapun ibunya pergi.
Semoga membantu ya tulisan ini, jadi temen-temen yang bingung mau kemana aja nih di Ponorogo, bisa jadi punya gambaran mau kemana saja. Ada beberapa tempat lain yang sudah pernah aku kunjungi lhi, temen-temen juga bisa lihat. Link nya ada di side bar sebelah kanan atas. Tinggal klik saja bagian Jalan Jajan Bareng Eka.

Terimakasih.




Wassalamualaikum




Reactions:

0 comments:

Post a Comment